Perhatikan Ini Sebelum Memulai Bisnis Kedai Kopi

Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – Bisnis kopi semakin ramai saja peminatnya. Peluang usahanya yang luas membuat banyak sekali pemain bisnis ini.

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis kopi alias kedai kopi tentu hal ini tidaklah semudah menyeduh kopi ke dalam cangkir. Karena kedai kopi adalah sebuah bisnis yang memiliki banyak aspek yang harus diperhatikan.

Menurut CTI Battle Latte Art Asia, Viki Rahardjam banyak kandungan manfaat kopi yang baik bagi tubuh. Seperti pencegah beberapa penyakit, yaitu kanker, jantung, diabetes, mengurangi sakit kepala, dan lain sebagainya. Dari faktor itu saja kopi sudah menjual bagi publik.

Wawasan perlu Anda miliki untuk lebih mengenal sisi menarik dari minuman hitam ini. Dengan sensasi berbeda, kopi dapat menjadi favorit bagi konsumen. “Yang harus diperhatikan soal pengetahuan kopi, taste kopi itu sendiri,” ujarnya.

Tidak kalah pentingnya untuk memulai bisnis kopi dengan mengonsep menu ragam kopi yang akan disajikan. Dengan macam-macam varian kopi, maka akan memiliki makna tersendiri mengenai bisnis kopi tersebut.

Misalnya saja dengan menggunakan menu kopi bertabur aroma macam-macam buah, hal ini akan memberikan sensasi berbeda. Jadilah menu kopi dengan rasa mint. Begitu pula pada saat memilih rasa-rasa untuk kopi seperti tiramisu, moka, atau karamel.

Kemudian, pikirkan masak-masak siapa target konsumen. Siapakah yang akan menjadi konsumen utama bisnis kopi ini. Berapa penghasilannya. Seperti apa mereka menganggap cita rasa suatu kopi? Kalangan apakah mereka? Mahasiswa, pekerja pasar, kaum borjuis yang suka rapat di warung kopi, eksekutif kantoran, ataukah para pecinta kopi?

Memahami konsumen akan membantu memetakan teknik berikutnya. Misalnya lokasi yang tepat, desain kopi yang cocok, dan harga yang pas untuk kopi.

Terakhir, tnentukan tempat paling strategis untuk mengawali bisnis kopi ini. Lokasi menjadi penentu dalam perjalanan bisnis. Misalnya saja ingin menggunakan konsep kedai kopi sederhana, maka dapat menggunakan lokasi yang sering berdekatan dengan orang-orang ramai yang mudah dijumpai.

Begitu pula jika ingin mengonsep bisnis kopi dengan kafe. Akan sangat membantu bila lokasi yang dipilih adalah lokasi yang berdekatan dengan kampus, mal, sekolah, kantor, dan lain sebagainya.[Rol]

 

loading...

Berita Lainnya

Google News