Pertama dalam Sejarah Tolitoli Raih Predikat Opini WTP

  • Whatsapp
Penyerahan LHP BPK melalui teleconfrence di Aula Kantor Bupati Tolitoli, Rabu (10/6 2020). [Ist]
Bagikan Artikel Ini
  • 270
    Shares

 

Tolitoli, JurnalNews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Tolitoli berhasil menorehkan sejarah. Untuk pertama kalinya laporan hasil pemeriksaan (LHP) pengelolaan keuangan Pemda Tolitoli sukses meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulteng.

Baca Juga

Kepala BPK RI Perwakilan Sulteng Muhaimin, SH, M.Si., CSFA mengatakan, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tahun 2019 terhadap pengelolaan keuangan daerah, BPK memberika opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Meskipun Pemda Tolitoli telah meraih opini WTP, namun ada catatan yang harus dibenahi dalam pengelolaan keuangan daerah, terutama masalah pengelolaan administrasi dana BOS,” kata Muhaimin saat menyerahkan LHP BPK melalui teleconfrens di Aula Kantor Bupati Tolitoli, Rabu (10/6 2020).

Sementara Bupati Tolitoli Saleh Bantilan kepada wartawan usai penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari BPK RI Perwakilan Sulteng, mengatakan selama dalam sejarah Pemda Tolitoli baru pertamakali meraih predikat WTP dari BPK Pusat Perwakilan Sulteng.

“Ini sebuah sejarah, di akhir masa jabatan saya, meraih predikat WTP dari BPK RI Perwakilan Sulteng, karena selama ini kita hanya WDP terus,” kata Bupati.

Advertisements

Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada BPK yang sudah memberikan predikat WTP, Berdasarkan Laporan Hasi Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019, ucapan terimakasih juga di sampaikan kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan DPRD atas kerjasamanya yang baik sehinggah Tolitoli yang tidak pernah meraih WTP akhirnya terwujud.

“Ini kerena kerjasama yang baik, di semua komponen sehingga mampu menyajikan laporan yang baik dan dinilai layak menerima WTP,” kata Bupati.

Meskipun peridikat WTP sudah di capai, Bupati juga mengingatkan jajarannya tidak cepat puas diri. Justru menurutnya kesuksesan yang diraih saat ini harus dipertahankan dan menjadi pelecut semangat untuk kerja lebih baik lagi ke depan.

“Predikat WTP ini harus kita pertahankan. Kepada semua komponen untuk lebih giat lagi untuk meningkatkan kinerja kita dalam penataan keuangan daerah yang baik,” katanya.

Sementara itu, Sekda Tolitoli Drs.Mukaddis Syamsudin menyebutkan, selama ini Kabupaten Tolitoli kerap gagal meraih WTP karena masalah pengelolaan aset, dan masalah administrasi pengelolaan dana BOS, namun dengan adanya permasalahan itu mampu dibenahi hingga BPK menilai secara administrasi telah tertib.

“Selama ini, masalah aset dan BOS yang tidak tertib pengelolaan dan adminsitarsinya, selalu menjadi batu sandungan meraih WTP, alhamdulillah berkat kerja keras semua OPD, semua bisa dibenahi dan berhasil meraih apa yang diharapkan selama ini, dan sejak pemeriksaan pertama BPK sudah mengapreseasi,” kata Mukaddis Syamsudin. [***]

Penulis: Rahmadi Manggona

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News