Pertumbuhan Ekonomi Sulteng di Atas Rata-rata Nasional

  • Whatsapp
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. | Foto: Pixabay
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada tahun 2019-2020 cukup baik. Tahun 2019 ekonomi Sulteng tumbuh sebesar 7,15 persen dan tahun 2020 sebesar 4,6 persen.

“Dalam kurun dua tahun tersebut, pertumbuhan ekonomi Sulteng di atas rata-rata nasional yakni 5,02% pada tahun 2019 dan kontraksi/minus 2,17% pada tahun 2020,” ucap Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng Dr. H. Rusli Dg Palabbi, saat membuka rapat koordinasi penanaman modal se-Sulteng, di salah satu hotel di Kabupaten Buol, Kamis 18 Maret 2021.

Baca Juga

Pembukaan Rakor diawali penandatanganan dan pemberian penghargaan capaian target realisasi investasi serta penanaman modal tahun 2020 dan kesanggupan pencapaian target tahun 2021 oleh masing-masing kabupaten/kota.

Baca JugaTetapkan 5 Tersangka, Polisi Buru Pemodal PETI Buranga Asal Bombana

Lebih lanjut wakil gubernur menyatakan, meski di tengah pandemi tapi perkembangan investasi di Sulteng pada tahun 2020 sebesar Rp31,80 triliun.

“Pencapaian ini melampaui target BKPM yakni Rp24,20 triliun atau naik 127 persen. Sehingga menempatkan diposisi kedua di Kawasan Timur Indonesia (KTI),” jelasnya.

Baca Juga: Pelaku Pencurian di Masjid Palu Barat Diringkus, Hasilnya untuk Beli Narkoba

“Pencapaian tersebut dipastikan dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Sulawesi Tengah,” tambah wagub Sulteng.

Wagub Sulteng menyampaikan, investasi sangat penting untuk membangun sebuah negara karena memberikan arus modal kapital terutama ke daerah yang menjadi pusat kegiatan usaha.

Baca JugaSatgas Madago Raya Sebar Foto DPO MIT Poso

Model tersebut akan menggerakkan perekonomian dunia sehingga tidak hanya mengandalkan pada APBD maupun APBN akan tetapi juga harus mendapat dukungan dari pemodal atau investor.

Salah satu pola yang dilakukan pemerintah untuk mendukung investasi melalui key performance indicator (KPI) untuk meningkatkan investasi melalui eksekusi realisasi investasi besar.

Berita Terkait

Google News