Pilkada Parimo, Golkar “Tolak” Berkas Pasangan SABAR

Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulawesi.com – Konstalasi politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Parigi Moutong (Parimo) pada 2018 mendatang nampaknya mulai hangat dan menarik. Apalagi tatkala, berkas pencalonan pasangan Petahana Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (SABAR) ditolak oleh panitia penjaringan DPD II Partai Golkar Kabupaten Parimo yang mengantongi lima kursi di DPRD setempat.

Menurut Ketua penjaringan Partai Golkar Parimo, Rusli Kinsal pihaknya menolak berkas pencalonan pasangan SABAR dengan alasan dan pertimbangan telah melampaui batas penutupan pengembalian berkas balon Bupati/Wakil Bupati yang telah di tentukan oleh pantia penjaringan, meski sebelumnya pasangan SABAR ini telah mengambil formulir. Dimana pihaknya membuka ruang pendaftaran selama tiga hari mulai Rabu (26/7) sampai Jumat (28/7) hingga pukul 00.00 Wita .

Baca Juga:

“Jadi alasan ini sangat mendasar, karena lambat mengembalikan berkas pencalonan,” kata Rusli Kinsal kepada wartawan Minggu (30/7/2017).

Harusnya kata Rusli, jika berkas pencalonan SABAR ini belum sempurna untuk diajukan, harusnya dikomunikasikan dengan panitia penjaringan, karena sudah ada kontak person. Namun sayangnya hingga batas waktu pengembalian berkas tidak juga diajukan tanpa alasan yang mendasar.

“Bahkan secara personal saya tidak pernah di hubungi oleh Tim SABAR,” tuturnya.

Jika kemudian pasangan SABAR melalui Timnya mendafar di DPD I Partai Golkar Sulteng seperti info yang ia terima, ini juga sebuah kekeliruan termasuk yang dilakukan pihak DPD jika keinginan itu diakomodir, karena menurut Rusli, dalam petunjuk pelaksana (Juklak) 06 Partai Golkar, sangat jelas di tegaskan bahwa proses penjaringan Balon Bupati/Wakil Bupati menjadi kewenangan DPD II Partai Golkar.

“Jadi ada kekeliruan yang dilakukan Tim SABAR, jika mengambil langkah by pass dengan mendaftar di DPD I Partai Golkar Sulteng,” tegasnya.

Ditambahkan Rusli, sejak DPD Partai Golkar Parimo membuka pendaftaran sebanyak 16 Balon Bupati/Wakil Bupati yang mengambil formulir, namun sampai saat ini, ia belum mengetahui secara pasti berapa Balon yang kembali memasukan berkas pencalonan.

Berdasarkan surat tanda terima berkas pendaftaran Samsurisal Tombolotutu di DPD I Partai Golkar Sulteng, diterima langsung oleh adik kandungnya Erny Yusnita Tombolotutu. [***]

Rep; Agus Manggona

loading...

Berita Lainnya

Google News