Polairud Polda Sulteng Amankan Pelaku Penangkapan Ikan Menggunakan Racun di Perairan Donggala

Dirpolairud Polda Sulteng Kombes Pol Indra Indra Rathana (kedua dari kanan) menggelar jumpa pers terkait penangkapan pelaku illegal fishing di Perairan Donggala dan Bangkep, Senin (9/12/2019). [Humas Polda]
Bagikan Artikel Ini
  • 99
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Direktorat Polisi Air dan Udara (Dipolairud) Polda Sulteng mengamankan pelaku penangkapan ikan menggunakan racun kamanre di perairan Kabupaten Donggala, pada Senin (2/12/2019).

Direktur Polairud Polda Sulteng Kombes Pol. Indra Rathana, S.IK kepada sejumlah wartawan mengatakan, pelaku yang berhasil diamankan yakni J dan A, warga Desa Balukang, Kecamatan Sojol, Kabupaten Dongala.

Baca Juga:

“Perbuatan kedua pelaku ini membahayakan kelestarian sumber daya ikan dan lingkungan. Pelaku dapat dikenakan UU No 45 tahun 2009 tentang perikanan, dengan ancaman penjara 6 tahun dan denda Rp1,2 miliar,” kata Kombes Rathana pada jumpa pers, Senin (9/12/2019).

Selain mengamankan pelaku penangkapan ikan menggunakan racun, Jajaran Polairud yang baru saja memperingati hari jadinya ke 69 itu juga berhasil menangkap kapal tanpa nama di Perairan Banggai Kepulauan (Bangkep).

Pelaku berinisial R seorang nelayan asal Kecamatan Bulagi Selatan, Kabupaten Bangkep yang membawa kapal tanpa namaditangkap pada Selasa (3/12/2019). Dari pelaku ditemukan satwa yang dilindungi berupa 23 ekor penyu langka.

Loading…

Menurut Kombes Indra, pelaku diduga telah melanggar UU Nomor 5 tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp100 juta.

Para tersangka yang diamankan di lokasi berbeda ini, telah dilakukan penahanan di Ditpolairud Polda Sulteng berikut barang bukti yang sudah disita untuk keperluan penyidikan.

“Setelah proses awal penyidikan selesai, 23 ekor penyu yang dilindungi itu nantinya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya agar tetap lestari,” tutup Kombes Indra. [***]

Puluhan ekor penyu yang berhasil diamankan di Perairan Banggai Kepualuan (Bangkep). [Humas Polda]

Sumber; Humas Polda Sulteng
Editor; Sutrisno

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA