Polairud Tunjukkan Eksistensi dalam Mengemban Tugas Pokok Polri

Kapolda Irjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, bersama jajaran Ditpolairud Polda Sulteng pada peringatan dan syukuran HUT ke 69 Polairud, Rabu (4/12/2019). [Humas Polda]
Bagikan Artikel Ini
  • 39
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Sejak berdiri pada 1 Desember 1950, Polisi Perairan dan Udara (Polairud) telah menunjukan eksistensinya dalam mengemban tugas pokok Polri, khususnya di wilayah perairan dan udara.

Hal tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si pada peringatan dan syukuran HUT ke 69 Polairud, Rabu (4/12/2019).

Baca Juga

Menurut Kapolri, salah satu lagi fungsi Operasional Polairud yang berada di bawah Badan Pemelihara Keamanan Polri (Baharkam) Polri adalah mendukung tugas-tugas Kepolisian lewat air (sungai/laut) dan udara.

“Berbagai capaian prestasi baik dalam hal penegakan hukum, pemeliharaan kamtibmas, maupun perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat telah membanggakan kita semua,” katanya.

Dikatakannya, Polairud memiliki peran penting dalam pemberantasan berbagai kejahatan, seperti illegal fishing, penyelundupan narkotika, perdagangan manusia, serta kejahatan lainnya.

“Polairud juga berhasil dalam mendukung pengamanan agenda nasional Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019, pemadaman kebakaran hutan dan lahan, serta mendukung operasi kepolisian, seperti Operasi Tinombala di Poso dan Operasi Nemangkawi di Papua,” tambahnya.

Loading…

Selain itu, Polairud juga berperan aktif dalam bidang kemanusiaan, seperti membantu pergeseran pasukan dan dukungan logistik yang bersifat segera dan darurat, melakukan Search and Rescue (SAR) dalam berbagai bencana alam dan musibah kecelakaan, serta mengevakuasi masyarakat korban kerusuhan di Wamena Papua telah menjadikan Polri semakin dicintai masyarakat.

Peringatan sekaligus syukuran HUT Polairud di Polda Sulteng kali ini mengambik tema SDM Unggul dengan almatsus modern Korpolairud siap menjaga stabilitas keamanan dalam negeri.

Turut hadir pada peringatan itu diantaranya Wakapolda Sulteng Brigjen Pol. Drs. Nurwindiyanto, M.M, Unsur Forkopimda Sulteng, Pejabat utama Polda Sulteng, para Kapolres, jajaran Polair Polda Sulteng dan Bhayangkari.

Syukuran ini juga ditandai dengan pemberian reward kepada 6 personil Polairud Polda Sulteng yang berprestasi yakni, Iptu Charlie Salindeho (ungkap ilegal fishing), Bripka Bakhtiar (ungkap BBM ilegal), Brigpol Hariyanto (ungkap ilegal fishing), Bripka Yova N. Gintu (ungkap ilegal fishing), Bharatu Darmawan (Juara 1 pencak silat tingkat Prov Sulteng) dan Bharatu Meikel Pasongli (menemukan oknum masyarakat bawa sajam saat piket di Mapolda Sulteng).

Sebelumnya, dalam rangka memperingati HUT ke 69 jajaran Ditpolairud Polda Sulteng yang dipimpin Dirpolairud Polda Sulteng Kombes Pol. Indra Rathana, S.IK juga memberikan tali asih berupa pemberian kursi roda dan alat edukasi belajar kepada yayasan disabilitas SLB Taweli dan SLB Tadulako Mandiri, dan melakukan pengobatan Gratis di dua lokasi yayasan tersebut. [***]

Editor; Sutrisno

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA