Polda Sulbar dan Sulteng Rakor Bahas Kamtibmas dan Tapal Batas

Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Nurwindiyanto (kiri) menyerahkan plakat kepada Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharudin Djafar, di Ruang Rupatama Mapolda Sulteng, Sabtu (28/12/2019). [Humas Polda Sulteng]
Bagikan Artikel Ini
  • 76
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Barat (Sulbar), Brigjen Pol Drs Baharudin Djafar, M.Si melakukan kunjungan ke Polda Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kedatangan Kapolda Sulbar bersama rombongannya tersebut diterima langsung oleh Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Drs Nurwindiyanto, MM di Rupatama, Mapolda Sulteng, Sabtu (27/12/2019) pagi.

Baca Juga:

Pada kunjungan tersebut, Kapolda Sulbar didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulbar diantaranya Karo Ops, Direktur Reskrimsus, Karo Log, Kabid Humas, Direktur Resnarkoba, Direktur Polair, Direktur Lantas dan Kapolres Mamuju Utara.

Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharudin Djafar mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka menjalin tali silaturahmi antara Polda Sulteng dan Polda Sulbar, sekaligus untuk saling bertukar informasi tentang Kamtibmas di Wilayah Sulteng dan Sulbar.

Selain itu, kunjungan tersebut juga dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) membahas perkembangan Kamtibmas di Wilayah Polda Sulteng dan Polda Sulbar.

“Rakor ini untuk mengantisipasi peredaran narkoba, antisipasi konflik sosial, bencana alam dan terorisme,” katanya.

Dalam rakor tersebut juga membahas permasalahan tapal batas antara Sulteng dan Sulbar yang hingga kini belum ada titik terang. Hal ini perlu dibahas karena akan berkaitan langsung dengan pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan digelar pada Tahun 2020 mendatang.

“Kami juga membahas masalah perbatasan antara Pasangkayu dan Donggala guna mengantisipasi konflik sosial terkait dengan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020 mendatang. Selain itu, yang perlu kita harus cermati adalah tantangan sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN),” jelas Kapolda Sulbar.

Loading…

Sementara itu, Wakapolda Sulteng dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut merupakan inovasi yang baru, sebagai upaya dalam merumuskan permasalahan yang ada di daerah khususnya terkait dengan tantangan Pilkada 2020.

“Kami mengapresiasi kunjungan Kapolda Sulbar beserta rombongan. Rakor ini merupakan uji kesuksesan pada perkembangan daerah kita dalam mewujudkan situasi yang tetap aman, sehingga harapannya dapat mewujudkan situasi yang tetap kondusif, baik di Wilayah Sulbar maupun Sulteng,” ucap Wakapolda Sulteng.

Sejumlah PJU Polda Sulteng juga turut menghadiri Rakor tersebut diantatanya, Irwasda Polda Sulteng, Karo Ops, Direktur Samapta, Direktur Reskrimum, Direktur Lantas, Direktur Intelkam, Direktur Resnarkoba, Kabid Humas Polda Sulteng, Wadir Polair, Wadansat Brimob, Kapolres Sigi dan Kapolres Donggala.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto, S.IK mengatakan kunjungan Kapolda Sulbar beserta rombongan ke Polda Sulteng dalam rangka menggelar Rakor tentang perkembangan situasi Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) antara Sulteng dan Sulbar, khususnya menjelang Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang.

“Kunjungan Kapolda Sulbar merupakan bentuk sinergitas dan kesiapan bersama dalam menjaga Kamtibmas, sekaligus merumuskan sengketa perbatasan wilayah antara Mamuju Utara (Sulbar) dan Donggala (Sulteng) dalam rangka mengantisipasi pelaksanaan pilkada serentak,” terang Kabid Humas Polda Sulteng.

Kabid Humas Polda Sulteng menjelaskan, banyak masyarakat di Wilayah perbatasan antara Sulteng dan Sulbar yang masih bingung dengan keberadaanya dalam memilih kepala daerah, apakah memilih di wilayah Mamuju Utara atau wilayah Donggala.

“Bahkan ada yang tidak memilih dan ada juga yang memilih kepala daerah di kedua daerah tersebut,” kata Didik. [***]

Editor; Sutrisno

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA