Polda Sulteng Antisipasi Kerawanan Pilkada Serentak

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Ilustrasi

Palu, Jurnalsulteng.com- ​Untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) terus memonitor daerah (Kabupaten dan Kota) yang akan menyelenggarakan pilkada.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui potensi-potensi kerawanan agar dapat segera mengambil langkah antispasi, sehingga Pilkada Serentak di Wilayah Sulteng dapat berjalan dengan aman dan damai.

Baca Juga:

Dikutip dari http://humas.polri.go.id, Jumat (24/7/2015) dalam menentukan kerawanan Pilkada Serentak,  Polri menggunakan beberapa indikator yakni, pelaksana pemilu/pilkada sebelumnya, pengurus ganda partai politik, potensi kerawanan dari balon dan massanya, potensi konflik wilayah, kesiapan penyelenggara dan potensi kerawananan lainnya bersumber dari karekteristik daerah.

Advertisements

Kabupaten/kota yang pernah penyelenggaraan pilkadanya terjadi kerusuhan akan menjadi perhatian, termasuk juga daerah eks konflik serta daerah yang sering terjadi perkelahian antar kampung.

Advertisements
Advertisements

Pilkada sebagai sarana bagi masyarakat untuk memilih kepala daerah secara demokrasi haruslah dilaksanakan secara bermartabat dan terhormat baik oleh penyelenggara, peserta dan masyarakat sebagai pemilik suara.[***]

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News