Polri Diminta Selidiki Game Fortnite yang Tampilkan Ikon Mirip Kabah

  • Whatsapp
Tangkap layar tampilan Game Fortnite yang menampilkan gambar mirip Kabah. Foto: PMJ News
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate merespon berkenaan beredarnya game daring Fortnite yang menghadirkan ikon mirip Kabah. Saat ini pihaknya sedang mengkaji konten itu.

“Berdasarkan hasil penelusuran, konten dipublikasikan pada 17 Februari 2019 di kanal YouTube,” terang Johnny G. Plate kepada wartawan, di Jakarta, Selasa 6 Juli 2021.

Baca Juga

Dirinya menegaskan, pihak Fortnite telah melakukan klarifikasi bahwa elemen yang termuat dalam video tersebut adalah user generated content (UGC) yang dibuat oleh pengguna dalam bentuk Creativity Mode.

“Sebagai tindak lanjut beredarnya konten tersebut, kami sedang berkoordinasi kepada Polri untuk menelusuri dan menindak pelaku yang mengkreasi konten tersebut,” sambungnya.

Kemkominfo terus mendalami dan menelusuri konten terkait dan akan melakukan penindakan secara tegas sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku bila ditemukan pelanggaran di ruang digital.

Pengembang Fortnite membantah kabar yang menyebut giame itu mengajak pemain menghancurkan Kabah.

Bantahan dilayangkan setelah Direktur Al-Azhar International Center untuk e-Fatwa Osama Al-Hadidy mengecam munculnya gambar mirip Kabah yang dapat dihancurkan di game Fortnite.

Tim Fortinite di Epic Games mengklarifikasi melalui media sosial resmi Facebook. Mereka mengidentifikasi kemunculan gambar mirip Kabah yang beredar dalam screenshot.

Menurut Fortinet, gambar mirip Kabah itu adalah hasil modifikasi dalam game oleh pemain yang memakai “Creative mode” atau “mode kreatif” Fortnite. ***

Berita Terkait

Google News