Publik Desak Pengisian Wagub Sulteng

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulawesi.com – Pasca wafatnya Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) H. Sudarto, M.Hum pada 1 Oktober 2016 lalu, hingga saat ini jabatan tersebut masih kosong.

Berlarut-larutnya kekosongan itu dinilai karena tidak seriusnya partai pengusung pasangan Longi-Sudarto (Longki’S) pada Pilkada Serentak 2015 lalu, untuk mengisi jabatan Wagub pengganti almarhum Sudarto.

Baca Juga

Forum Demokrasi (Fordem) Sulteng dalam rilisnya yang diterima Jurnalsulawesi.com, Selasa (31/7/2018) menyebutkan, jabatan publik setingkat wakil gubernur adalah perwujudan mekanisme pelayanan publik yang harus berkerja optimal.

“Jabatan Wagub itu sangat dibutuhkan untuk memastikan kinerja pelayanan publik di Sulawesi Tengah,” kata Koordinator Fordem Sulteng, Rully Hadju.

Rully menjelaskan, berdasarkan Pasal 176 UU No.10 Tahun 2016, tentang Pilkada disebutkan bahwa partai pengusung melalui Gubernur Sulteng mengajukan 2 (dua) nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) untuk dipilih dalam Paripurna di DPRD Sulteng.

Menurutnya, DPRD Sulteng sudah membentuk Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub. Pembentukan Panlih tersebut juga sudah menghabiskan anggaran, yang merupakan dana publik. Namun hingga saat ini tidak ada hasil apapun dari penggunaan dana publik itu.

“Oleh karena itu, kami dari Forum Demokrasi Sulteng, meminta ketegasan partai-partai pengusung pasangan Longki’S, agar segera merumuskan 2 (dua) nama Cawagub untuk segera diusulkan ke DPRD Sulteng,” desak Rully.

Fordem Sulteng juga mendesak Gubernur Sulteng untuk segera mengirim Surat Pengajuan Calon Wakil Gubernur, pada sisa masa jabatan 2016-2021 kepada DPRD Sulteng, dengan tenggat waktu selambat-lambatnya pada 17 Agustus 2018, agar ada kepastian bagi masyarakat Sulteng.

“Kami juga meminta agar DPRD Sulteng untuk segera memanggil gubernur untuk digelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terbuka, sehingga publik bisa mendapat penjelasan resmi, terkait molornya pengisian jabatab Wakil Gubernur Sulteng,” tegasnya.

Seperti diketahui, pasangan Longk’S berhasil memenangkan Pilkada serentak 2015 lalu. Pasangan ini diusung Partai Gerindra, PAN, PKB, PBB. Selain itu juga didukung Partai Demokrat dan PDI Perjuangan.

Beberapa bulan setelah dilantik, Wakil Gubernur H. Sudarto, M.Hum berpulang ke Rahmatullah dan hingga saat ini belum ada penggantinya. [***]

 

Penulis; Sutrisno/*

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News