Puluhan Hektar Sawah di Dampal Selatan Gagal Panen Akibat Banjir

  • Whatsapp
Puluhan hektar tanaman padi di Kecamatan Dampal Selatan Damsel, Kabupaten Tolitoli, mengalami gagal panen, akibat terendam banjir yang terjadi pekan lalu. | Foto: BPBD Tolitoli
Bagikan Artikel Ini
  • 371
    Dibagikan

JurnalNews – Puluhan hektar tanaman padi di Kecamatan Dampal Selatan (Damsel), Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengalami gagal panen, akibat terendam banjir.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tolitoli, Vidya Putra dalam keterangannya mengatakan, banjir yang terjadi pekan lalu merendam persawahan di delapan desa yang ada di wilayah itu.

Baca Juga

Kedelapan desa itu diantaranya, Desa Bangkir, Desa Soni, Lempe, Paddumpu, Tampiala, Pallakawe, Kombo dan Desa Lembah Harapan, yang semunya berada di Kecamatan Dampal Selatan.

Saat terjadi banjir yang merendam wilayah itu, tanaman padi milik warga tengah menunggu waktu panen.

“Akibat banjir yang terjadi di delapan desa, petani sawah mengalami kerugian puluhan juta,” kata Vidya Putra kepada JurnalNews di Tolitoli, Jumat 12 Februari 2021.

Selain puluhan hektar sawah milik petani yang mengalami gagal panen, kata Vidya Putra, banjir akibat luapan air sungai menyebabkan perkebunan masyarakat, pemukiman warga, dan jalan kantong produksi mengalami kerusakan. Termasuk sekolah, pesantren dan jembatan yang menghubungkan desa tampiala dan Soni juga terancam.

“Akibat luapan air sungai sehingga terjadinya banjir, dan sejumlah fasilitas umum dan perkebunan milik warga mengalami kerusakan,” pungkasnya.

Saat ini lanjut Vidya Putra, pihaknya bersama Muspika Kecamatan Damsel tengah melakukan pendataan dan verifikasi data di lapangan serta upaya penanganan darurat terhadap warga korban banjir, yang nantinya akan menjadi bahan laporan ke pimpinan.

“Kami bersama Muspika Dampsel, lagi lakukan pendataan dan verifikasi data lapangan kepada warga yang terkena banjir, untuk menjadi bahan laporan kami ke pimpinan,” sebutnya.

Sejak hari pertama banjir yang melanda wilayah itu, BPBD Kabupaten Tolitoli sudah memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir. ***

Berita Terkait

Google News