Quartararo Menang di MotoGP Andalusia, Rossi Akhirnya Naik Podium Lagi

Fabio Quartararo menang MotoGP Andalusia 2020 di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Maverick Vinales meraih posisi ke dua dan Valentino Rossi mengakhiri paceklik podium dengan berada di posisi ke tiga. [Foto: Twitter @MotoGP]
Bagikan Artikel Ini
  • 164
    Dibagikan

JurnalNews.id – Fabio Quartararo menang MotoGP Andalusia 2020 di Sirkuit Jerez dengan mengalahkan Maverick Vinales dan Valentino Rossi, Minggu (26/7/2020).

Quartararo, Vinales, dan Rossi memimpin di tikungan pertama. Vinales kemudian melakukan kesalahan di tikungan terakhir lap pertama dan membuat Rossi menyodok ke posisi dua.

Baca Juga:

Quartararo mulai menjauh setelah lap ketiga degnan keunggulan 1,4 detik atas Rossi. Vinales terlihat punya kecepatan lebih bagus, namun gagal melewai The Doctor.

Memasuki lap keenam Quartararo berada di level tersendiri dan unggul hingga 2,8 detik. Duo pabrikan Yamaha terlihat kesulitan untuk menyamai kecepatan pembalap 21 tahun tersebut.

Lap demi lap dilalui Quartararo dengan menambah keunggulan di depan. Memasuki lap sembilan pembalap berjuluk El Diablo itu unggul 3,8 detik atas Rossi.

Vinales semakin kesulitan di lap sembilan. Pembalap asal Spanyol itu sempat disalip Jack Miller, namun kembali merebut posisi ketiga. Sementara Rossi mulai membuka jarak dengan Vinales hingga 0,6 detik.

Vinales benar-benar kehilangan posisi ketiga di lap sepuluh setelah disalip Pecco Bagnaia di tikungan delapan. Di lap 11, Vinales kemudian disalip Miller dan Franco Morbidelli untuk berada di posisi enam.

Rossi kemudian kehilangan posisi dua setelah disalip Bagnaia di lap 12. Rossi mulai kesulitan di lap ini. Selain ditekan Bagnaia, Rossi juga ditekan muridnya yang lain di VR46 Academy yang memperkuat Petronas Yamaha Franco Morbidelli.

Beruntung bagi Rossi, motor M1 yang ditunggangi Morbidelli mengalami masalah di lap-17 dan gagal melanjutkan balapan. Masalah yang sama dialami Rossi di MotoGP Spanyol 2020 akhir pekan lalu.

Bagnaia kemudian juga mengalami kerusakan sepeda motor di Desmosedici di lap ke-20. Kondisi itu membuat Rossi naik ke posisi kedua dan Vinales ketiga.

Menyisakan tiga lap Quartararo sudah unggul 7,5 detik atas Rossi. Persaingan lebih ketat terjadi antara Rossi melawan Vinales di dua lap terakhir.

Quartararo kemudian memastikan kemenangan di MotoGP Andalusia dengan keunggulan atas Vinales dan Rossi.

Naik Podium Lagi
Finis ketiga di belakang Fabio Quartararo dan Maverick Vinales membuat Valentino Rossi mengakhiri paceklik podium di MotoGP.

Ini adalah kali pertama sejak MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, 14 April 2019, Rossi merebut podium di MotoGP. Rossi harus melalui 18 seri balapan sebelum kembali bisa merasakan podium di MotoGP.

Rossi merebut podium ke-235 di ajang Grand Prix sepeda motor. Khusus di MotoGP, hasil MotoGP Andalusia 2020 membuat The Doctor merebut podium ke-176 dan ke-199 di kelas primer (500cc/MotoGP).

“Saya sangat senang karena sudah lama tidak meraih podium, setelah pengalaman dan hasil buruk. Akhir pekan ini kami mencoba cara lain. Saya mendapat start yang bagus. Kembali meraih podium bukan terasa seperti kemenangan, tapi hampir sama,” ujar Rossi usai balapan.

Rossi terbilang beruntung bisa finis di posisi ketiga. Pasalnya, pembalap 41 tahun itu sempat mendapat tekanan dari dua mantan muridnya di VR46 Academy, Pecco Bagnaia dan Franco Morbidelli.

Beruntung bagi Rossi, Bagnaia dan Morbidelli gagal finis setelah mengalami kerusakan sepeda motor. [***]

Sumber: CNNIndonesia

loading...

Berita Lainnya

Google News