Raih Gelar Pemain Terbaik Dunia, Legitimasi Kehebatan Cristiano Ronaldo

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jurnalsulawesi.com – FIFA baru saja menggelar acara malam penghargaan bertajuk The Best FIFA Football Awards, Senin 23 Oktober 2017 atau Selasa dini hari WIB. Bertempat di London Palladium, FIFA memberikan penghargaan untuk berbagai kategori.

Seperti dilansir situs resmi FIFA, megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo sukses menyabet gelar Pemain Terbaik Dunia 2017. Dia mendapatkan 43,16 persen suara dari perwakilan media, kapten timnas, dan pelatih timnas di seluruh dunia.

Baca Juga

Cristiano Ronaldo memenangkan penghargaan paling bergengsi yang digelar FIFA tahun ini: Pemaian Terbaik 2017. Ini adalah penghargaan yang dimenangkan penyerang Real Madrid itu dua tahun berturut-turut.

“Terima kasih telah memilih saya,” kata Ronaldo di London Palladium, Selasa 24 Oktober 2017.

Ronaldo terpilih sebagai pemain terbaik menyisihkan Lionel Messi dan Neymar Junior.

“Saya ingin menyebut Leo (Messi) dan Nyemar untuk ke sini,” kata Ronaldo di atas panggung.

Pemain Timnas Portugal itu kemudian mengucapkan terima kasih kepada Real Madrid yang telah mendukungnya menjadi yang terbaik.

“Kita di Inggris untuk pertama kalinya, dan saya menang ini dua tahun berturut-turut. Ini adalah momen luar biasa untuk saya,” ujarnya.

“Terima kasih untuk seluruh fans saya di penjuru dunia. Saya sangat mengapresiasi itu. Saya sangat senang, terima kasih dan selamat malam.

Legitimasi
Perjuangan keras Cristiano Ronaldo sepanjang 2016 dan 2017 terbayar tuntas. Setelah sukses memberikan gelar serta kontribusi bagi Real Madrid serta Timnas Portugal, dia sekarang melengkapinya dengan kembali merebut prestasi individu.

Bertempat di London Palladium, Senin 23 Oktober 2017, atau Selasa dini hari waktu Indonesia, pemain berjuluk CR7 resmi dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA.

Dia berhasil mengalahkan dua calon lain, bintang Barcelona, Lionel Messi, dan pemain termahal dunia yang sekarang membela PSG, Neymar.

Pemilihan pemain terbaik ini diketahui dilakukan berdasarkan voting dari pelatih dan kapten timnas nasional, serta perwakilan media masing-masing negara anggota FIFA.

Bagi Ronaldo, ini adalah kali kedua secara beruntun dia memenangi penghargaan ini. Gelar pemain terbaik FIFA sendiri sebelumnya sempat disatukan dengan Ballon d’Or, namun belakangan kembali dipisah karena terkait kontrak yang telah selesai.

“Momentum yang sangat indah. Saya sangat senang. Saya 32 tahun dan memenangkan gelar ini. Sungguh melegakan,” kata Ronaldo.

“Tahun depan saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Saya hanya mencoba untuk fokus. Yang jelas ini adalah momen brilian,” sambungnya.

Siapa Pilih Siapa?
Sebuah kebetulan, dua dari tiga nomine, Ronaldo dan Messi memegang hak suara karena mereka merupakan kapten timnas Portugal serta Argentina. Lalu siapa pemain yang mereka pilih?

Untuk Messi, ternyata dua memberikan suara bagi dua rekan setimnya di Barcelona, Luis Suarez dan Andres Iniesta. Sedangkan satu nama lagi adalah Neymar yang sekarang membela PSG.

Setali tiga uang dengan Messi. Ronaldo pun memilih orang-orang terdekatnya dalam voting itu.

Mereka adalah para pemain Real Madrid. Di posisi pertam ada Luka Modric, lalu Sergio Ramos dan terakhir Marcelo.

Sebagai negara anggota FIFA, Indonesia pun punya hak suara dalam menentukan pemain terbaik. Yang unik, antara pelatih dan kapten timnas, sama-sama tidak memilih salah satu antara Ronaldo serta Messi yang merupakan dua kandidat kuat.

Boaz Solossa selaku kapten skuat Merah-Putih memberikan suara buat Ronaldo di urutan pertama, lalu Neymar dan terakhir Sergio Ramos.

Sementara untuk pelatih timnas, Luis Milla Aspas. Dia malah sama sekali tak menyebut Ronaldo. Yang dipilihnya adalah Lionel Messi, Neymar dan Andres Iniesta.

Berikut Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Dunia FIFA 2017
Megabintang Barcelona, Lionel Messi harus puas di posisi kedua dengan 19,25 persen suara. Sedangkan pemain Paris Saint-Germain, Neymar mendapatkan 6,97 persen suara.

Untuk kategori pemain terbaik dunia putri, sukses diraih oleh Lieke Martens. Keberhasilan Martens membawa Belanda menjuarai Piala Eropa Wanita 2017, membuatnya mengalahkan dua kandidat lain, Carli Lloyd (Amerika Serikat) dan Deyna Castellanos (Venezuela).

Zinedine Zidane sukses menyabet gelar Pelatih Terbaik Dunia. Pelatih Real Madrid ini mengalahkan dua kandidat lainnya, Antonio Conte (Chelsea), dan Massimiliano Allegri (Juventus).

Sementara itu, gelar kiper terbaik jatuh kepada Gianluigi Buffon (Juventus). Striker Arsenal, Olivier Giroud sukses menyabet FIFA Puskas Award, untuk gol terbaik sepanjang 2017.

The Best FIFA Men’s Player 2017: Cristiano Ronaldo (Real Madrid/Portugal)
The Best FIFA Women’s Player 2017: Lieke Martens (Barcelona Femeni/Belanda)
The Best FIFA Men’s Coach 2017: Zinedine Zidane (Real Madrid)
The Best FIFA Women’s Coach 2017: Sarina Wiegman (Timnas putri Belanda)
The Best FIFA Goalkeeper 2017: Gianluigi Buffon (Juventus)
FIFA Puskás Award 2017: Olivier Giroud (Arsenal)
FIFA Fan Award 2017: Suporter Glasgow Celtic
FIFA Fair Play Award: (FC Zbrojovka Brno/Togo)

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News