Ratusan Mobil Hias Ikut Pawai Hardiknas

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini
Jurnal Palu– Ratusan mobil hias ikut meramaikan pawai untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2013, pada Senin (29/4).

Pawai mobil hias yang diikuti seluruh sekolah dari tingakt Taman kanak-kanak (TK) hingga tingkat SMA. Pawai mobil hias tersebut mengambil start dan finish di Lapangan Vatulemo Palu dan dilepas langsung Wali Kota Palu Rusdi Mastura tepat pukul 14.00 WITA.

Pawai mobil hias ini disambut antusias warga yang memenuhi tepi jalan yang dilintasi diantaranya, jalan Moh Yamin, Sisingamangaraja, Ki Hajar Dewantoro, S Parman dan Samratulangi.

Pawai kendaraan hias itu juga sempat menyebabkan kemacetan arus lalu lintas di sejumlah jalan seperti di Jalan Imam Bonjol, Jalan Hasanuddin, Jalan Gajah Mada dan Jalan Diponegoro karena iring-iringan kendaraan panjangnya mencapai ratusan meter.

Beberapa kendaraan juga dihias dengan tenda atau rumah adat khas Kota Palu dan di dalamnya terdapat beberapa murid yang mengenakan pakaian adat.
Setiap kendaraan juga ditumpangi sejumlah murid dengan didampingi seorang guru sambil sesekali bernyanyi dan menyebutkan asal sekolah mereka.
Selain ditempel hiasan, kendaraan itu juga dipasang nama sekolah peserta dan sejumlah kata-kata mutiara yang berpesan agar rajin belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Ardiansyah Lamasitudju mengatakan, tujuan diadakannya pawai kendaraan hias itu agar masyarakat mengetahui setiap tahun ada Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei.

Selain itu, katanya, pawai tersebut juga bisa meningkatkan kerukunan antarpelajar di Kota Palu. Untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional sendiri, Pemkot Palu juga melaksanakan pameran pendidikan yang memamerkan profil masing-masing sekolah dengan berbagai bentuk dari karya para siswa.
Selain pawai kendaraan hias, unruk memeriahkan Hardiknas 2013 juga digelar kegiatan lain diantaranya bola voli dan jalan santai, kesenian dan lomba memasak.***

 

Reporter; Sutrisno 

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News