Rektor UI Ari Kuncoro Akhirnya Mundur dari Komisaris BUMN

  • Whatsapp
Rektor UI Ari Kuncoro.
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Rektor Universitas Indonesia (UI), Ari Kuncoro akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi Wakil Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Perihal pengunduran diri Ari Kuncoro tersebut disampaikan BRI dalam surat nomor B.118-CSC/CSM/CGC/2021 tertanggal 22 Juli 2021, dan ditampilkan dalam keterbukaan informasi BRI kepada Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga

“Pengunduran diri Sdr. Ari Kuncoro dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Perseroan. Tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta material tersebut terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha Emiten atau Perusahaan Publik,” tulis Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto pada Kamis, 22 Juli 2021.

Sebelumnya rangkap jabatan yang dilakukan Rektor UI sempat menuai kontroversi dalam beberapa hari terakhir. Bahkan menimbulkan polemik di sosial media, dan trending di Twitter.

Terkuaknya jabatan Ari Kuncoro berawal ketika memanggil BEM UI terkait postingan meme Jokowi The King of Lip Service.

Kabar ini akhirnya viral, dan warganet akhir mengetahui kalau Ari Kuncoro mempunyai dua jabatan penting. Selain sebagai Rektor UI, juga menjadi Wakil Komisaris di BRI.

Ternyata rangkap jabatan Ari Kuncoro bertentangan dengan Statuta UI.

Rektor UI dinilai Ombudsman RI melanggar Pasal 35 huruf c Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 68 tentang Statuta UI.

Namun belakangan justru pasal dalam Statuta UI yang direvisi pemerintah untuk melegalkan jabatan Ari Kuncoro sebagai Komisaris BUMN.

Nah, puncak dari kekesalan masyarakat dan tokoh nasional mendesak Ari Kuncoro mundur dari jabatannya. Bahkan Rektor UI ini, sempat menjadi bahan sindiran di media sosial, Twitter.

Dan Ari Kuncoro akhirnya mengakhiri polemik tersebut, dengan mengundurkan diri secara resmi dari jabatannya sebagai Wakil Komisaris Utama Bank BRI. ***

Berita Terkait

Google News