Resmi Dirilis, Ini Kelebihan dan Cara Download Windows 11

  • Whatsapp
Micosoft merilis Windows 11. | Foto: Microsoft via The Verge
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft dilaporkan secara resmi merilis generasi lanjutan sistem operasi (OS) yakni Windows 11, pada Kamis, 24 Juni 2021 waktu AS.

Dikutip dari The Verge, OS terbaru di Windows 11 ini yang tampak lebih halus dan menjadi perombakan besar pertamanya sejak 2015. Dengan perubahan baru yang mengarah langsung pada model bisnis App Store dari saingan Apple.

Baca Juga

OS Windows 11 akan menyertakan Windows Store baru yang memungkinkan developer software menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi mereka sendiri dan tidak membayar komisi kepada Microsoft.

Windows 11 juga akan memungkinkan pengguna menemukan dan menjalankan aplikasi seluler Android di laptop dan PC, berkat bantuan teknologi dari Amazon dan Intel.

Kinerja merupakan fokus terbesar untuk Windows 11. Pembaruan Windows 40 persen lebih kecil dan lebih efisien karena sekarang terjadi di latar belakang. Dengan demikian, Windows 11 tidak mengganggu pengguna di tengah pekerjaannya.

Selain itu, Windows 11 juga banyak menyertakan fitur yang ditujukan untuk pengguna seperti kemampuan untuk melepaskan komputer yang terhubung ke monitor eksternal dengan lebih mudah untuk menerima panggilan di ruangan yang lebih tenang dan kemudian kembali ke stasiun dok sesudahnya.

“Hal ini memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja,”.

Sistem operasi Microsoft juga ditingkatkan sehingga menarik bagi individu, dengan fitur baru bagi para gamer seperti aplikasi Xbox dan kinerja game yang lebih baik.

Microsoft mengatakan, fitur barunya itu akan mencakup alat baru untuk memberi tip kepada pembuat konten, termasuk outlet berita lokal langsung di sistem operasi Windows 11.

Spesifikasi Minimum Windows 11
Untuk bisa upgrade ke Windows 11, PC dan laptop yang bisa melakukannya mesti memenuhi persyaratan perangkat keras, dengan minimal CPU 64-bit, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

Ketentuan lain yang harus dipenuhi, perangkat harus mendukung TPM 2.0, DirectX 12, Touchpad yang presisi, dan sejumlah ketentuan lain.

Dilansir The Verge, Microsoft juga telah menerbitkan daftar prosesor yang didukung yang dapat Anda gunakan dengan Windows.

Untuk melihat apakah PC Windows 10 Anda saat ini memenuhi syarat untuk peningkatan gratis ke Windows 11, disarankan untuk mengunjungi situs Windows 11 ini untuk mengunduh aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC.

Cara Download Windows 11
Microsoft akan mulai meluncurkan pratinjau Windows 11 pada 28 Juni pekan depan lewat Windows Insider Dev Channel.

Mulai 28 Juni 2021 mereka yang terdaftar di Windows Insider Dev Channel juga dapat mulai menguji Windows 11.

Sementara versi beta untuk publik bisa diunduh Juli. Nantinya sistem operasi ini bakal hadir ke semua PC yang kompatibel dan PC baru sekitar musim libur akhir tahun lewat pembaruan yang akan dikirim OTA (over the air) ke perangkat pengguna.

Dikutip Cnet, pembaruan ke Windows 11 juga bersifat opsional, artinya pengguna Windows 10 dapat tetap menggunakan Windows 10 hingga dukungan dihentikan pada tahun 2025. ***

Berita Terkait

Google News