Rutan Maesa Palu Over Kapasitas

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulawesi.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Maesa, Kota Palu saat ini sudah over kapasitas. Bahkan, Rutan yang terletak di Jalan Bali Kota Palu ini kelebihan tahanan hingga 300 persen.

Hal ini diakui Kepala Rutan Maesa Palu, Sopian, AMd.IP, kepada wartawan, Selasa (19/9/2017). Menurut Sopian, Rutan Maesa hanya berkapasitas 120 orang, tetapi saat ini telah dihuni sebanyak 351 tahanan.

Baca Juga:

“Kalau dikatakan over memang sudah sangat over kapasitas,” kata Sopian.

Karena itu kata Sopian, untuk mengantisipasi kelebihan tersebut, pihak Rutan Maesa membuat sel baru. Dari tujuh sel resmi, saat ini telah buat sel tambahan.

“Sekarang jadi ada 11 sel yang dihuni para tahanan. Meski belum bisa maksimal, tetapi paling tidak kami sudah berupaya agar para tahanan tidak berdesak-desakan,” imbuh Sopian.

Sedangkan untuk kapasitas masing-masing sel saat ini terpaksa disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Sementara itu untuk mencegah agar tidak semakin melebihi kapasitas, ada upaya pemindahan tahanan. Terutama yang sudah putusan.

Saat disinggung terkait adanya tahanan yang kabur beberapa waktu lalu, Sopian tidak menampik karena kondisi Rutan yang sangat memprihatinkan.

Selain kondisi Rutan, keterbatasan personil di Rutan Maesa juga menjadi salah satu masalah.

“Dalam satu regu jaga terdapat 5 orang. Itu kondisi normal kalau tidak ada tahanan yang harus dikawal, misalnya pengawalan tahanan sakit. Tetapi kalau ada yang sedang tugas pengawalan luar, otomatis petugas jaga berkurang,” terangnya.

Sopian juga mengatakan, dalam waktu dekat Rutan Maesa akan mendapatkan tambahan personil sebanyak 23 orang dari Kemenkumham.

Selain itu, personil pengamanan di Rutan Maesa juga akan dilengkapi senjata yabg berfungsi untuk melumpuhkan, tetapi tdak mematikan. [***]

Rep; Sutrisno

loading...

Berita Lainnya

Google News