Sampah Dibiarkan Berserakan di Kota ‘Wisata’ Donggala

  • Whatsapp
Sampah-sampah dibiarkan berserakan di Jalan Pettalolo dan ujung Jalan Bioskop, Kelurahan Boya, Kamis (18/1/2018) [Jose Rizal]
Bagikan Artikel Ini

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Pemerintah Kabupaten Donggala melalui dinas terkait yang menangani masalah kebersihan seolah tidak mampu menangani persoalan sampah di Kota Donggala. Hal itu terbukti karena masih banyak sampah dibiarkan berserak sehingga mengeluarkan aroma menyengat.

Salah satunya di Jalan Pettalolo, Kelurahan Boya. Pantauan Jurnalsulawesi.com, Kamis (18/1/2018), di jalan ini terdapat sebuah tempat pembuangan sampah sementara berukuran 2×3 meter. Di tempat inilah warga membuang sampah-sampah rumah tangga.

Baca Juga

Akan tetapi, karena ukuran bak sampah itu terbilang kecil, sampah warga tidak seluruhnya tertampung. Sampah-sampah itu berserakan di badan jalan, dan kerap dibiarkan begitu saja.

Kondisi ini mengundang pemandangan yang tak elok dan terkesan jorok. Padahal, Bupati Donggala, Kasman Lassa, beberapa waktu lalu sudah mencanangkan Donggala sebagai kota wisata.

Warga Kota Donggala mengaku prihatin dengan kondisi dengan sampah yang berserakan serta bau yang menyengat tersebut. Di media sosial warga menuliskan keluhan mereka.

Menurut warga, seharusnya sampah yang berserak di jalan tersebut dibersihkan dan yang ada di bak sampah segera diangkut dan dibuang ditempatnya, bukannya malah dibiarkan begitu saja.

Salah seorang warga Kota Donggala, La Bagong mengatakan, sampah-sampah di Kota Donggala seharusnya diangkut 2 kali sehari, siang dan sore sehingga sampah tidak bertimbun dan berserakan di jalan.

“Kasihan warga setiap hari mencium aroma menyengat. Kalau sampah dibiarkan berserak di jalan tidak di angkut akan menimbulakan masalah yakni munculnya penyakit. Dinas terkait harus segera mengangkut sampah-sampah tersebut,” kata Bagong. [***]

Rep; Jose Rizal
Red; Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News