Satu Bapaslon Pilkada Donggala Dinyatakan TMS

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala menyatakan, satu bakal pasangan calon (Bapaslon) yakni Tema Muhammad- Rusli Zamzami Said, Tidak Memenuhi Syarat (TMS), untuk mengikuti Pilkada Donggala 2018.

Bapaslon ini dinyatakan TMS melalui pleno KPU Kabupaten Donggala, yang berlangsung Minggu (21/1/2018) malam.

Baca Juga

Sementara enam bakal calon bupati dan wakil bupati Donggala dinyatakan memenuhi syarat setelah melewati masa perbaikan.

Komisioner KPU Devisi Teknis, Tazkir Sulaiman menjelaskan, pasangan Tema Muhammad – M. Rusli Zamzami Said lambat memasukan berkas dokumen perbaikan syarat pencalonan sesuai dengan waktu yang telah di
tentukan yakni Minggu 20 Januari 2017 Pukul 24.00 wita, sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Pasangan Tema Muhammad – Rusli Zamzami Said hanya datang membawa formulir b2 kwk, sementara dukungan rekapitulasi dukungan per desa dan per kecamatan tidak ada dokumenya. KPU memperkenankan untuk dibuat, tetapi persoalannya ketentuan batas akhir pemasukan perbaikan berkas pukul 24.00. Karena batas waktu sudah lewat dan perbaikan belum rampung maka KPU berkesimpulan untuk segera melakukan pleno,”  ujar Tazkir kepada Jurnalsulawesi.com, Senin (22/1/2018).

Tazkir menjelaskan, PKPU Tahun 2017 mengamanahkan, KPU berhak tidak menerima  dokumen bapaslon yang belum lengkap sebagai syarat pencalonan. KPU memberikan kesempatan kepada pasangan Tema Muhammad – Rusli Zamzami Said untuk melapor ke Panwaslu Donggala.

“Kita tunggu saja hasil dari Panwaslu Donggala. Nanti kalau Panwaslu memutuskan untuk terima pendaftaran kembali KPU akan menerima yang jelas kita menunggu rekomandasi Panwaslu,” demikian Tazkir. [***]

Rep; Jose Rizal
Red; Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News