Sejumlah Gunung Api Beresiko Erupsi, Merapi-Sinabung Siaga, Anak Krakatau-Semeru Waspada

  • Whatsapp
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo erupsi. | Foto: Liputan6
Bagikan Artikel Ini
  • 91
    Dibagikan

JurnalNews – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status risiko erupsi sejumlah gunung api di Indonesia.

Merapi dan Sinabung berstatus siaga, Anak Krakatau dan Semeru naik jadi level waspada. Laporan tersebut diambil dari laman laman magma esdm.go.id, pada Jumat 22 Januari 2021 pukul 01.04 WIB.

Lihat Juga

Merapi, Yogyakarta
Status gunung api ini berada di level III (Siaga). Berdasarkan pantauan, gunung terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III.

Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur, selatan dan barat.

Tak hanya itu, aktivitas di Gunung Merapi menyebabkan 135 kali gempa. Lebih rinci, 1 kali gempa awan panas guguran, 120 kali gempa guguran, 13 kali gempa hybrid dan 1 kali gempa tektonik jauh.

“Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Bila terjadi letusan eksplosif, lontaran material vulkanik dapat menjangkau radius 3 km dari puncak” dikutp dari magma.esdm.go.id.

Sinabung, Sumatera Utara
Gunung api yang berada di Dataran Tinggi Karo ini memasuki status level III (siaga). Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III.

Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 300 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara.

Berita Terkait

Google News