Sekolah Kuliner

Bagikan Artikel Ini

Oleh: Joko Intarto
Sudah lebih dari 80 kali pertemuan yang terselenggara di sekolah kuliner ini. Semuanya dilaksanakan secara virtual. Menggunakan platform Zoom Meeting. Inilah sekolah kuliner pertama di Indonesia yang diselenggarakan secara virtual, live dan interaktif.

Siswanya dari mana-mana. Di seluruh dunia: Jepang, Canada, Qatar, Australia, Zimbabwe, Kuwait. Terbanyak tetap dari dalam negeri. Mereka merupakan penggemar video series Bu Fatmah Bahalwan, ahli kuliner yang menjadi guru di sekolah kuliner virtual itu.

Baca Juga

Tiga tahun lalu saya mulai membuat sekolah kuliner virtual itu bersama Om Brillianto Jaya. Pertama dibuka siswanya masih sedikit. Tidak sampai 30 orang. Semuanya dari dalam negeri.

Kelas kuliner itu dibuka setiap dua minggu. Hingga pertemuan terakhir sudah lebih dari 1.300 orang yang mengikuti kursus.

Sudah beberapa kali saya mencoba mengembangkan sekolah ini. Tapi saya menghadapi kesulitan menemukan pengajar.

Bu Fatmah menjadi orang pertama yang menyambut gembira gagasan membuat kursus kuliner online tiga tahun lalu. Boleh dibilang Bu Fatmah itu orang yang berpikiran terbuka.

BU Fatmah mengaku tidak paham video conference Tapi dia mau belajar dan akan nurut perintah produser. Jadilah program siaran perdana setelah latihan dua kali, tiga tahun lalu.

Ketika Indonesia dilanda pandemi Covid-19, hanya kursus online yang bisa bertahan. Kursus offline dipaksa berhenti dengan alasan mencegah penyebaran virus. Kursus kuliner virtual yang dikelola Jagaters tetap eksis hingga sekarang.

Setelah pandemi menandai, saya sempat was-was. Jangan-jangan minat masyarakat untuk kursus kuliner online menurun drastis.

Kekhawatiran saya ternyata berlebihan. Buktinya empat seri kursus terakhir jumlah pesertanya tidak menurun. Malah terus bertambah.

Kursus kuliner online sepertinya sudah menjadi bagian gaya hidup baru. Urusan masak-memasak pun tidak bisa dipisahkan dengan Internet dan gadget. Mungkin begini yang dimaksud dengan internet of thing sepuluh tahun lalu. ***

Pos terkait

Google News