Sembilan Instansi di Palu Dalam Pengawasan Ombudsman

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulteng.com- Ombudsman Republik Indonesia mengawasi sembilan instansi publik di Kota Palu, Sulawesi Tengah, karena selama ini paling sering mendapat keluhan dari masyarakat.

Anggota Ombudsman RI Bidang Penawasan Pramono Dahlan saat Seminar Supervisi Pelayanan Publik di Palu, Kamis (29/8/2013), menyebutkan sembilan instansi publik adalah Kepolisian Resor Palu, Kantor Imigrasi, Lembaga Permasyarakatan, Kantor Pertanahan Nasional, Kantor Kementerian Wilayah Agama, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Samsat, serta RSUD Undata.

Baca Juga

Ia menjelaskan pengawasan itu dilakukan selama dua bulan dengan memeriksa sistem pelayanan publik serta menggali informasi dari pengguna layanan publik.

Pranowo mengatakan sebagian besar temuan di lapangan memperlihatkan masih adanya pungutan tidak resmi, kotak pengaduan tidak dilengkapi peralatan tulis, pusat informasi tidak berfungsi dan minimnya fasilitas bagi kelompok rentan.

Namun dibalik kekurangan itu, terdapat pelayanan yang sudah memadai seperti keramahan pelayanan, petugas berseragam dengan tanda pengenal, serta ketersediaan ruang tunggu bebas asap rokok.

Hasil pengawasan selama dua bulan tersebut kemudian dipaparkan dalam sebuah seminar yang dihadiri pimpinan instansi yang diawasi dan sejumlah tokoh masyarakat.

Dalam seminar itu pimpinan badan publik yang diundang itu diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan atau klarifikasi terkait hasil pengawasan Ombudsman.

Pranowo berharap sembilan instansi publik itu bisa melakukan perbaikan demi meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Palu Mulhanan Tombolotutu mengatakan kualitas pelayanan publik menggabarkan kualitas pembangunan di daerah. “Kemajuan pelayanan publik juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya. (ant)

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News