Sensus Ekonomi, Wawali Imbau Warga Tak Ragu Berikan Data

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Palu, Jurnalsulteng.com – Wakil Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sigit Purnomo Said mengimbau warganya untuk tidak ragu-ragu memberikan data kepada petugas sensus ekonomi yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Palu, mulai 1-30 Mei 2016.

“Sensus ekonomi sebagai acuan bagi pemerintah dalam menyusun perencanaan, menetapkan program dan kebijakan di bidang ekonomi. Jadi saya imbau supaya masyarakat jangan ragu-ragu memberikan data kepada petugas sensus yang datang ke rumah-rumah. Ini tidak ada sangkut pautnya dengan pajak,” kata Sigit, Rabu (4/5/2016).

Baca Juga:

Dia mengatkan, sensus ekonomi yang dilakukan sangat bermanfaat karena diharapkan dapat menghasilkan data akurat tentang tingkat perekonomian warga Kota Palu.

Sebelumnya, pada Rabu (3/5/2016) kemarin, di kediamannya, kompleks perumahan Citraland, Tondo, orang nomor dua di lingkup Pemkot Palu itu juga menerima kunjungan petugas sensus ekonomi 2016. Ada dua pertanyaan yang diajukan petugas kepada Sigit yakni terkait jumlah orang yang mendiami rumah tersebut serta usaha apa saja yang mungkin dijalankan di rumah itu.

Advertisements

Mantan vokalis band Ungu itu pun langsung menjawab singkat pertanyaan yang diajukan. “Sebagai pejabat publik, UU melarang melakukan usaha. Kalau sudah jadi pejabat tidak boleh buka usaha sekarang,” ujarnya.

Advertisements

Selanjutnya, petugas menempelkan stiker di pintu masuk sebagai tanda bahwa kediaman Wakil Wali Kota Palu itu sudah dilakukan sensus ekonomi.

Kepala BPS Kota Palu, I Nyoman Dwinda mengatakan, jika masyarakat tidak memiliki usaha, maka petugas sensus tidak akan lama bertanya. Namun bila di rumah tangga itu ada usaha, maka petugas akan melanjutkan ke pertanyaan berikutnya, yang disebut dokumen L2.

Dijelaskannya, pada dokumen L2 terdapat 23 pertanyaan yang intinya mengenai usaha yang dijalankan.(***)

Advertisements


Source; Beritasatu

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News