Sering Diabaikan, Ini Lima Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan

Ilustrasi manfaat putih telur bagi kesehatan. | Foto: Instagram @mediakesehatanku
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan manfaat kuning telur. Tapi putih telur ternyata juga memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Bagian ini juga mengandung mineral dan vitamin meski dalam jumlah kecil.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, putih telur memiliki lebih sedikit kalori dan lemak dibandingkan dengan telur utuh atau kuning telur saja. Berikut beberapa manfaat putih telur yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsinya.

Baca Juga

1. Menurunkan Berat Badan
Putih telur bisa menjadi pilihan makanan yang baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal. Hal ini karena putih telur merupakan salah satu sumber protein dengan kalori rendah dan sangat sedikit mengandung lemak.

Asupan protein yang cukup bisa mengontrol nafsu makan, mengurangi rasa lapar, dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Membangun Massa Otot
Selain membantu proses penurunan berat badan, asupan protein yang cukup juga diperlukan untuk membangun otot yang kuat serta mempertahankan massa otot seiring bertambahnya usia.

Dengan kandungan protein yang tinggi tanpa tambahan lemak, putih telur sangat cocok dimasukkan dalam menu makan sehat, apalagi bagi Anda yang aktif secara fisik atau menjalani latihan kekuatan secara rutin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Karena mengandung sangat sedikit lemak serta tinggi protein, putih telur juga bisa menjadi makanan yang baik bagi Anda yang menderita penyakit jantung, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi.

Manfaat putih telur ini didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang memenuhi asupan protein tinggi dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Pasca Operasi
Kandungan protein atau asam amino yang tinggi di dalam telur rebus, terutama bagian putihnya, mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk bekas luka operasi.

Oleh karena itu, dokter sering kali menyarankan pasien pascaoperasi untuk mengonsumsi putih telur rebus guna mempercepat proses penyembuhan luka operasi.

5. Memiliki Kandungan Zat Anti Kanker
Manfaat putih telur untuk kesehatan yang selanjutnya adalah merupakan makanan yang mengandung zat anti kanker.

Putih telur merupakan makanan yang mengandung selenium yang berperan untuk melindungi tubuh dari kanker. Putih telur juga efektif untuk mencegah terjadinya kanker prostat pada pria. ***

Pos terkait

Google News