Siap Maju 02 Sulteng, Suriyanto Digadang-gadang Jadi Penerus Almarhum Sudarto

  • Whatsapp
H. Suriyanto (kanan) saat mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Wagub Sulteng, di Kantor DPD PDI Perjuangan Sulteng, Kamis (5/9/2019). [Ist]

Palu, JurnalNews.id – Meski pertarungan politik, Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah (Sulteng) baru akan dihelat pada Tahun 2020 mendatang, namun DPD PDI-P Provinsi Sulteng, telah membuka kran bagi seluruh masyarakat Sulteng yang ingin menyalurkan hasrat politiknya, dengan membuka pendaftaran untuk bakal calon (balon) Gubernur/wakil Gubernur yang mulai hari ini, Kamis (5/9/2019).

Pendaftaran yang akan berlangsung hingga 12 September 2019 ini juga bukan hanya terbuka untuk kader-kader PDIP Sulteng, tetapi juga bakal calon dari partai lain, yang ingin menggunakan gerbong partai besutan Megawati Soekarno Putri dalam memperebutkan “tahta kekuasaan” di daerah ini.

Baca Juga

Pada hari pertama pendaftaran dibuka, baru tiga kandidat dari internal PDIP Sulteng yang mengambil formulir pendaftaran. Ketiga bakal calon yang telah mengambil formulir di hari pertama yakni, H. Suriyanto SH, MH sebagai Bakal Calon (Balon) Wakil Gubernur Sulteng, Sri Indraningsih Lalusu Balon Bupati Banggai serta Andi Vridya Farida Jabir yang ingin maju sebagai Wakil Bupati Morowali Utara (Morut).

Menariknya, dari nama- nama tersebut, salah satunya adalah Wakil Ketua DPD PDI-P Sulteng H Suriyanto. Politisi kawakan Banteng Moncong Putih ini mendaftar sebagai bakal calon (Bacalon) Wakil Gubernur Sulteng periode 2020-2024.

Munculnya nama Suriyanto yang baru saja terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sulteng pada Pileg 2019 ini, selain menjadikan kontestasi lima tahunan ini semakin menarik, juga akan merubah konstalasi politik di Wilayah Timur Provinsi Sulteng.

Karena bagaimana pun, kehadiran Suriyanto akan membangkitkan andrenalin pemilik hak konstitusi di wilayah Banggai Raya (Banggai, Bangkep dan Balut). Sebab politisi yang pernah dduk sebagai anggota DPRD Banggai selama tiga periode ini, digadang-gadang bisa menjadi penerus mantan Wagub Sulteng Almarhum H Sudarto, yang juga mantan Bupati Banggai dua periode.

“Kami berharap Suriyanto menjadi Bacalon 02 Sulteng, karena Surianto adalah refresentasi perwakilan masyarakat Banggai Raya,” kata Rudi warga Luwuk, Kabupaten Banggai kepada JurnalNews.id, di Palu, Kamis (4/8/2019).

Menurut Rudi, Rtidak bisa di pungkiri bahwa tampilnya sosok Suriyanto dalam kancah perpolitik di provinsi, akan memberikan jawaban dari kegundahan masyarakat, terutama yang ada di Wilayah Timur Provinsi Sulteng yang menginginkan tampilnya sosok yang bisa mewakili perwakilan dari daerah tersebut dalam menahkodai daerah ini.

Disisi lain tambahnya, Suriyanto sendiri selain sudah memiliki investasi politik selama lebih dari 20 tahun dan punya magnet elektoral. Salah satunya bukti magnet elektoral tersebut yakni dengan melenggang bisa meraup suara sehingga terpilih sebagai anggota DPRD Sulteng pada Pileg 2019 lalu.

“Karena itu, kami yakin sosok Suriyanto ini akan menjadi harapan baru bagi masyarakat Banggai Raya,” ujar Rudi optimis.

Sri Indraningsih Lalusu mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Bupati Banggai, di Kantor DPD PDI Perjuangan Sulteng, Kamis (5/9/2019). [Ist]

Dihubungi terpisah, Ketua tim penjaringan bakal calon gubernur/wakil gubernur DPD PDIP Sulteng, Lasnardi Lahi, mengatakan semua bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran, akan melalui tahapan seleksi sebagaimana ketentuan yang telah ditetapkan DPP PDI Perjuangan dalam Peraturan Partai (PP) nomor 24 Tahun 2017, tentang Rekrutmen dan seleksi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah PDIP.

“Semua harus mengikuti aturan partai yang telah ditetapkan. Meskipun ada bakal calon dari internal partai, tetap akan diberlakukan sama dengan bakal calon lain. Tidak ada yang istimewa di PDIP ,” tegasnya.

Lasnardi menambahkan, setiap Bakal calon harus memenuhi syarat umum sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, untuk bisa diproses sebagai bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah.

Andi Vridya Farida Jabir mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Wakil Bupati Morut, di Kantor DPD PDI Perjuangan Sulteng, Kamis (5/9/2019). [Ist]

Selain di DPD PDIP Sulteng untuk pendaftaran bacagub dan bacawagub, pendaftaran juga dibuka di tujuh kabupaten, satu kota yang akan menggelar Pilkada serentak 2020 yakni, Kabupaten Sigi, Tolitoli, Poso, Tojo Unauna, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Kota Palu. [***]


Penulis; Agus Manggona
Editor; Sutrisno

Pos terkait