Siap-siap! Kartu Prakerja Gelombang 10 Dibuka Besok, Ini Caranya Mendaftar

  • Whatsapp
Kartu Prakerja. [Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 98
    Shares

Jakarta, JurnalNews.idPendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 dengan total kuota sebanyak 200 ribu akan dibuka mulai Kamis (24/9/2020) besok.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mengatakan meski belum diputuskan, namun gelombang 10 program dijadwalkan dibuka pada Kamis nanti.

Baca Juga:

“Belum diputuskan, tapi mungkin Kamis,” ujar Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu yang dilansir CNNIndonesia.

Lebih lanjut, kuota 200 ribu orang yang disebutkan berasal dari jumlah peserta yang sudah dijaring sebanyak 4,6 juta orang pada gelombang 1 sampai gelombang 8.

Advertisements

Lalu, ditambah sekitar 800 ribu orang dari pendaftaran gelombang 9. Maka, kuota yang terisi akan mencapai 5,4 juta orang.

Sementara, target peserta untuk program ini hanya mencapai 5,6 juta orang. Pun demikian, tak tertutup kemungkinan penjaringan peserta akan melebihi 200 ribu orang.

Sebab, PMO Kartu Prakerja sempat menggugurkan 180 ribu peserta dari status kepesertaannya.

Para peserta ini merupakan mereka yang gugur dari hasil pendaftaran 1-4. Namun, belum ada pernyataan resmi soal penggantian kuota peserta ini.

Advertisements

Pendaftaran Kartu Prakerja bisa diikuti masyarakat melalui akses ke situs resmi www.prakerja.go.id. Kemudian, ikuti panduan pendaftaran.

Cara daftar Kartu Prakerja
1.Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputermu.
2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK kamu, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun.
3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.
4. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka.
5. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

Bila lolos, peserta akan mendapat pemberitahuan melalui SMS. Pada program ini, pemerintah memberikan insentif sebesar Rp3,55 juta per peserta. Terdiri dari insentif pelatihan Rp2,44 juta, biaya pelatihan Rp1 juta, dan bonus survei Rp150 ribu.

Rencananya, program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pemerintah pada tahun depan, namun belum diumumkan secara resmi seperti apa mekanismenya.

Sementara, bagi para calon prakerja yang pendaftarannya selalu gagal agar memastikan nomor NIK dan KK mereka sudah benar.

Kemudian, bagi calon peserta yang sudah 3 kali mencoba bergabung, namun belum berhasil menjadi peserta Kartu Prakerja kini bisa mengadukan masalah tersebut ke pihak layanan Kartu Prakerja.

Berikut cara dan syarat melakukan pengaduan:

Advertisements

1. Buat surat pernyataan gagal 3 kali
2. Isi surat dengan benar dan kirim lewat email ke kepesertaan@prakerja.go.id
3. Manajemen Pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan lebih lanjut.
4. Download format surat pernyataannya dengan klik di Sini

Iklan
loading...

Berita Lainnya

Google News