Siap-siap! Pemerintah Akan Buka Seleksi Satu Juta Guru Honorer PPPK

  • Whatsapp
[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini

Jakarta, JurnalNews.id – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membuka seleksi bagi guru honorer atau non-PNS, untuk diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja PPPK pada 2021 mendatang. Jumlah formasi yang dibuka sebanyak satu juta guru.

Dikutip dari laman (Kemendikbud), Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin mengatakan, untuk dapat diangkat menjadi guru PPPK, diperlukan persyaratan tertentu. Guru adalah pilar pendidikan, sehingga keberhasilan proses pendidikan untuk menghasilkan SDM unggul sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru.

Baca Juga

“Berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dijelaskan bahwa kompetensi guru merupakan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kombinasi dari seluruh kompetensi ini mutlak diperlukan jika kita ingin menghasilkan peserta didik yang mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” ujar Wapres KH Ma’ruf Amin dalam acara Pengumuman Rencana Seleksi guru PPPK yang berlangsung secara virtual di Jakarta, pada Senin, (23/11/2020).

Pengumuman tersebut juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarwati, dan pejabat tinggi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Kepegawaian Negara.

Berita Terkait

Google News