Siapkan Lima Dokumen Ini untuk Mendaftar CPNS 2019

Seleksi CPNS. [Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 42
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Akhirnya muncul kepastian waktu pendaftraan CPNS 2019 (calon pegawai negeri sipil) lagi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka situs https://sscasn.bkn.go.id mulai 11 November 2019.

Pada saatnya nanti, ketika melakukan pendaftaran CPNS 2019 secara online, para pendaftar harus mengunggah 5 dokumen penting:

Baca Juga

1. KTP asli,
2. Foto,
3. Swafoto,
4. Ijazah,
5. Transkrip nilai asli

Selain itu, para pendaftar juga harus menyertakan dokumen tambahan yang diminta oleh instansi tujuan masing-masing.

Oleh karena itu, dalam masa pengumuman ini, para pendaftar juga mesti rajin mengunjungi situs instansi penerima CPNS 2019 dan akun media sosial resmi mereka.

BKN sudah meminta instansi-instansi tersebut mempubikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, Senin (28/10/2019), menjelaskan pada tahun ini pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi. Jumlah tenaga administrasi sudah hampir separuh dari total PNS di Indonesia.

Saat ini pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan.

Pemerintah akan membuka 152.286 formasi. Ratusan ribu lowongan CPNS tersebut tersebar dengan rincian: 37.425 formasi di instansi pusat dan 114.861 formasi di instansi daerah.

Formasi di instansi pusat tersebar pada 68 kementerian dan lembaga (K/L), sedangkan instansi daerah mencakup 462 pemerintah daerah (Pemda).

Loading…

Selain itu, formasi lowongan juga dibedakan menjadi formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus adalah lowongan yang tersedia bagi calon-calon dengan kriteria cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, serta formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat.

Sekadar catatan, cumlaude berarti pada ijazah sarjana calon terbubuhkan predikat “cumlaude”, umumnya memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,40-3,59.

Akan halnya istilah “diaspora” berarti warga negara Indonesia yang sekarang sedang tinggal di luar negeri untuk bekerja atau sekolah.

Berikut ini alur pendaftaran dalam portal SSCASN:

1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id
2. Buat akun SSCN 2019 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu
keluarga atau NIK Kepala Keluarga
3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
4. Lengkapi biodata
5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan
6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen
7. Cek resume, cetak kartu pendaftaran

Perlu diketahui, sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses.

Pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019.

Setelah itu BKN akan mengumumkan jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 pada Januari 2020. Adapun pelaksanaan SKD CPNS 2019 baru berlangsung pada Februari 2020.

Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020. [***]

Sumber; Kontan.co.id

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA