Suara Dentuman Kembali Kejutkan Warga Jakarta pada Senin Pagi

  • Whatsapp
Ilustrasi Dentuman. [Detikcom]
Bagikan Artikel Ini
  • 30
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Warga Jakarta kembali dihebohkan dengan suara dentuman yang terdengar beberapa kali pada Senin (21/9/2020) pagi ini. Sebelumnya, suara dentuman juga mengejutkan warga pada Minggu (20/9/2020) malam.

“Senin (21/9/2020 ) sejumlah warga kembali menginformasikan bahwa mereka mendengar dua kali suara dentuman pada pagi hari ini. Belum diketahui secara pasti asal suara dentuman tersebut. Adakah yang mendengar,” tulis akun Instagram jktinfo.

Baca Juga:

Sejumlah netizen pun mengaku kembali mendengar suara dentuman. “Denger min jelas 5.25 kirain geluduk tapi cuaca udah langit biru ga ada awan mendung padahal lalu itu suara apa ya min ???” jawab akun mahfur051089.

“pagi ini 2 kali beruntun #dentuman masuk menit 10 – 15 lokasi Fatmawati jaksel,” cuit akun twitter @swaputraadikara.

Advertisements

“Ada yg merasa mendengar #dentuman ngga warga sekitaran #jatibening ? Tadi saya dengar -/+ sekitar pukul 05:30-05:32, ada 2 kali. Pada pukul 05:32 jelas banget suara nya,” cuit @MelatiAndra.

“Cipinang juga dengar mbak, 2 kali #dentuman yaa sama jam nya,” balas @MelatiAndra.

“Aku dengar jam 5.30 tadi, tapi sekali,” timpal @sintha_mupid.

Advertisements

Sebelumnya, beberapa warga dan netizen dari Jakarta Selatan dan Jakarta Timur melaporkan adanya beberapa suara dentuman yang terdengar antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB pada Minggu 20 September 2020.

Terkait adanya suara dentuman tersebut, hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Meski demikian, BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

“Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir,” tukasnya. [***]

Sumber: SindoNews

Advertisements
Iklan
loading...

Berita Lainnya

Google News