Sulut Keren! Bunyi Adzan, Bunyi Lonceng Gereja dan Bau Dupa Pura Bersamaan

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Bolmong, Jurnalsulawesi.com – Lantunan azan menggema, lonceng gereja berbunyi dan sesekali bau dupa dari halaman pura tercium.

Desa Mopuya Selatan, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), membawa pesan damai di tengah kemajemukan.

Baca Juga

Gereja GMIBM Immanuel, Masjid Al Muhajirin dan Pura Puseh berdiri berdampingan di sudut desa terpencil di Sulawesi Utara ini.

Gereja yang tepat berada di sudut, diapit oleh masjid di samping kanan dan pura di belakangnya.

Mata Pendeta Remmy Tololiu Kapahang (47) berbinar ketika bercerita bagaimana jemaatnya hidup damai dengan warga muslim maupun hindu.

Tak pernah ada gesekan soal keyakinan masing-masing. Dalam ucapannya, ada senyum semringah yang menghias di wajahnya.

“Di sini luar biasa,” ucap wanita yang sudah hampir genap lima tahun melayani sebagai Ketua Majelis Jemaat GMIBM Immanuel Mopuya.

Perbincangan singkat dengan Tribun Manado, itu terjadi di samping gereja. Tepatnya di garasi mobil konsistori atau rumah pendeta.

Toleransi di desa ini sangat tinggi menurutnya.
Saling menghargai, saling menghormati begitu melekat pada tiap warga.

Bahkan ketika jam ibadah bersamaan, itu bukan menjadi masalah bagi siapapun.

“Misalnya kami ibadah, lalu azan berbunyi itu sudah biasa. Tak saling mengganggu. Kalau di pura, mereka memang tak sering ibadah. Paling hanya hari-hari raya besar. Kalau dari pura, paling hanya bau dupa yang tercium,” ucap Remmy.

Seperti waktu-waktu menyambul natal seperti sekarang ini. Gereja biasanya memasang lagu-lagu natal di toa. Namun ketika azan berbunyi, seketika toa tersebut diberhentikan sementara.

“Kalau sudah baru kami lanjutkan. Pun dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Jadi kami sudah tahu kapan waktu-waktu mereka salat lima waktu,” ucapnya.

“Bahkan sering, azan berbunyi, kami pun melantunkan puji-pujian. Di pura mereka sedang ibadah juga. Semua bertepatan. Mungkin saat itu Tuhan bingung mau dengar ibadah yang mana dulu,” ucapnya bercanda lalu tertawa. [***]

Source; TribunManado 

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News