Tangan Jadi Perantara Paling Efektif Tularkan Corona

  • Whatsapp
Ilustrasi
Bagikan Artikel Ini
  • 70
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto meminta agar masyarakat selalu rajin mencuci tangan. Sebab, kata Yurianto, tangan merupakan salah satu perantara paling efektif dalam menularkan Covid-19 (coronavirus disease).

Dijelaskan Yurianto, ada banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona. Contoh yang paling mudah yakni dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Baca Juga

“Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, ini penting, karena ini yang menjadi kunci untuk membunuh, merusak, dan mematikan virus yang mencemari tangan kita,” kata Yurianto saat konpers di Graha BNPB, Kamis (7/5/2020).

Yurianto berpandangan banyak orang yang tidak paham pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir di saat pandemi. Padahal, kata dia, penularan Covid-19 melalui tangan adalah salah satu yang paling efektif.

“Karena inilah yang banyak terjadi akibat penularan secara tidak langsung. Mungkin kita bisa melindungi diri menggunakan masker untuk mencegah droplet langsung,” ujarnya.

“Tetapi cemaran disekitar kita yang kemudian tidak sadar kita pegang dan kemudian kita pegang tangan yang tercemar ini untuk memanipulasi mulut, hidung, mata, maka penularan lewat tangan itu menjadi sangat efektif,” sambungnya. [Okezone]

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News