Tegang, Kapal Perusak Rusia Usir Kapal Perang AS yang Melanggar Perbatasan

  • Whatsapp
Kapal perusak anti-kapal selam Admiral Vinogradov. [Foto: TASS © Sergei Orlov]
Bagikan Artikel Ini
  • 47
    Dibagikan

Moskow, JurnalNews.id – Kapal perusak anti-kapal selam Vinogradov milik Rusia mengusir kapal perusak milik Amerika Serikat (AS) USS John S. McCain karena melanggar perbatasan Rusia di Teluk Peter.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, kapal USS John S. McCain yang memasuki Laut Jepang beberapa hari lalu, melanggar perairan teritorial Rusia sejauh dua kilometer, pada Selasa (24/11/2020) Pukul 06:17 waktu Moskow.

Lihat Juga

“Melewati perbatasan laut sejauh dua kilometer,” sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya yang dikutip Kantor Berita Rusia, TASS, pada Selasa (24/11/2020).

Kapal perusak anti-kapal selam Vinogradov Armada Pasifik memberikan peringatan kepada USS John S. McCain melalui saluran komunikasi internasional, bahwa tindakan seperti itu tidak dapat diterima dan pelanggar dapat dipaksa keluar dari perairan teritorial Rusia.

Setelah dikeluarkan peringatan itu, USS John S. McCain kembali ke perairan internasional dan tidak berusaha untuk kembali memasuki wilayah teritorial Rusia. Admiral Vinogradov mengawal kapal AS keluar dari wilayah itu.

China mengatakan pada bulan Oktober bahwa USS John S. McCain telah melanggar perairan teritorialnya.

USS John S. McCain dilengkapi dengan dua sistem pertahanan rudal Aegis. Kapal tersebut dilaporkan membawa rudal jelajah Tomahawk, rudal anti-pesawat SM-2 dan senjata anti-kapal selam RUM-139 ASROC.

Sebelumnya, China juga mengatakan bahwa USS John S. McCain pada bulan Oktober juga telah melanggar perairan teritorialnya.

Untuk diketahui, USS John S. McCain dilengkapi dengan dua sistem pertahanan rudal Aegis. Kapal tersebut dilaporkan membawa rudal jelajah Tomahawk, rudal anti-pesawat SM-2 dan senjata anti-kapal selam RUM-139 ASROC. [***]

Berita Terkait

Google News