Terapkan Formasi Mirip Real Madrid, Debut Perdana Ronald Koeman Menangkan Barcelona

  • Whatsapp
Lionel Messi berusaha melewati pemain Gimnastic pada laga uji coba di Johan Cruyff Stadium, Minggu (13/9/2020). Barcelona menang dengan skor 3-1. [Gettyimages]
Bagikan Artikel Ini
  • 5
    Shares

JurnalNews.id – Ronald Koeman mengawali debutnya sebagai pelatih Barcelona dengan mengalahkan Gimnastic Tarragona dengan skor 3-1, Lionel Messi tetap menjadi kapten utama Blaugrana.

Pada laga itu, Ronald Koeman menerapkan formasi baru 4-2-3-1 sebagai uji coba, Sabtu (12/9/2020). 22 pemain dimainkan dalam dua babak pada pertandingan yang dimenangkan Barcelona 3-1 itu.

Baca Juga:

Formasi 4-2-3-1 ini adalah hal yang asing buat Barcelona, yang selama ini pakem dengan 4-3-3 yang sudah mengakar di Katalunya, Barcelona hanya pernah memodifikasinya menjadi 3-4-3 atau 4-4-2.

Ronald Koeman punya alasan untuk merombak formasi pakem yang sudah mengakar di Katalunya.

Advertisements

“Ini mungkin berbeda dan boleh jadi lebih defensif dari apa yang kita lihat di tahun-tahun sebelumnya,” ujar Koeman seperti dikutip as.

“Tapi tujuannya yaitu untuk mengalirkan bola, mempertahankannya dan mencoba cari ruang untuk bermain di antara garis, di belakang gelandang lawan. Saya yakin tim ini bisa melakukannya karena kami punya gelandang seperti itu.”

Formasi Barcelona mirip yang digunakan Real Madrid. Meski Madrid lebih cenderung gunakan tiga gelandang bertahan dengan 4-3-2-1.

Koeman juga mengungkapkan kegembiraannya karena tak ada pemain cedera di uji coba pertama.

Advertisements

“Paling penting tak ada pemain cedera. Semua pemain sudah tampil 45 menit. Ada momen dengan intensitas yang bagus,” ujar Koeman seperti dikutip as.

“Pasti ada beberapa hal yang bisa diperbaiki tapi kami gembira. Kami sudah berlatih dua pekan dan masih ada dua pekan lagi.”

Pramusim Singkat
Koeman juga memperhitungkan pramusim yang singkat menjelang bergulirnya Liga Spanyol. Itulah mengapa dia perlu melihat seluruh pemain.

“Penting bagi pemain sudah tampil karena ini pramusim yang tidak normal. Kami hanya punya waktu empat pekan bukan enam. Ini rumit,” ujarnya.

Dia juga sudah punya bayangan apa yang harus dilakukan hingga dua pekan ke depan.

“Apa yang ingin kami lakukan sekarang yaitu latihan fisik dan dua pekan mendatang kami latihan fisik,” ujarnya. [***]

Advertisements

Sumber: Liputan6

Iklan
loading...

Berita Lainnya

Google News