Tertinggi di Sulteng, Tiga Rumah Sakit di Buol Tangani Pasien Corona

  • Whatsapp
[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 280
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol berkoordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 setempat telah menyiapkan tiga rumah sakit untuk menangani warga yang terinfeksi virus corona jenis baru atau COVID-19.

“RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Mokoyurli, RS Darurat Rusunawa (Rumah Susun Sewa Sederhana) Pemkab Buol dan RS Pratama Pandangan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Buol, dr. Arianto S Penambang dalam pesan video, Minggu (17/5/2020).

Baca Juga

Dikutip dari Antara, ia menjelaskan tiap rumah sakit menangani pasien yang terpapar COVID-19 berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan.

RSUD Mokoyurli Buol menangani pasien Positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab dengan gejala sedang hingga berat. RS Darurat Rusunawa Pemkab Buol untuk pasien COVID-19 tanpa gejala dan memiliki gejala ringan karena rusunawa telah beralihfungsi dari sebelumnya sebagai tempat karantina kini menjadi tempat perawatan.

Sementara RS Pratama Pandangan, lanjutnya, saat ini dipersiapkan untuk menangani pasien dengan penyakit umum yang berasal dari kecamatan-kecamatan di sekitar rumah sakit tersebut.

“Kalau ke depan RS Pratama Pandangan harus merawat pasien COVID-19, akan dibicarakan di tingkat lanjut sambil mempersiapkan persyaratan-persyaratannya,” ujarnya.

Arianto menyatakan penyiapan tiga rumah sakit untuk menangani pasien COVID-19 di Kabupaten Buol telah diketahui oleh Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan telah mendapat persetujuan Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, dr.Reny Lamadjido.

Kabupaten Buol merupakan daerah dengan jumlah kasus COVID-19 tertinggi di Sulteng dan telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di sana.

Berdasarkan data Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulteng, hingga Minggu (17/5/2020), sebanyak 52 orang orang warga Buol positif COVID-19. Dari 52 orang itu 1 dinyatakan sembuh.

Seperi diberitakan sebelumnya, jumlah positif Corona di Kabupaten Buol tertinggi di Sulteng. Dari 115 kasus positif corona se Sulteng, 52 diantaranya dari Kabupaten Buol.

Sementara sebanyak 51 orang masih menjalani isaloasi dan perawatan, masing-masing di RSUD Mokoyuri Buol 5 orang , 41 orang diisolasi di Rusunawa Pemkab Buol dan 5 orang di RSUD Pratama Pandangan Buol. [***]

Editor: Sutrisno

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News