Tes Dasar CPNS Kemendikbud Setiap Provinsi Digelar Berbeda

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

Jakarta, Jurnalsulawesi.com – Jadwal seleksi kompetensi dasar bagi peserta CPNS yang telah lolos seleksi administrasi, telah dirilis oleh Panitia Pusat Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pelaksanaan tes itu sendiri telah digelar mulai dari 18 Oktober, dan direncanakan hingga 29 Oktober 2017. Panjangnya masa pelaksanaan tes kompetensi dasar itu karena pelaksanaan yang berbeda-beda di tiap provinsi.

Baca Juga

Berdasarkan lampiran pengumuman yang diunggah ke cpns.kemdikbud.go.id, misalnya, Provinsi Kepulauan Riau pada 18-21 Oktober, sementara di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada 21-25 Oktober.

Jadwal, tanggal, dan lokasi pelaksanaan seleksi kompetensi dasar pun diumumkan secara rinci pada lampiran berkas Daftar Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar.

Misalnya, wilayah Ujian Sumatera Utara dilaksanakan pada 26-29 Oktober di Aula Kodam Bukit Barisan, Jalan Gatot Subroto KM 7,5 Cinta Damai, Medan Helvetia.

Di lampiran berkas yang berbeda, tercantum jadwal verifikasi data peserta, registrasi, dan briefing peserta seleksi kompetensi dasar. Termasuk juga jam pelaksanaan sesi ujian setiap hari.

Misalnya, pada hari Senin- Minggu kecuali Jumat, verifikasi peserta sesi 1 dilaksanakan pada pukul 07.00-08.00 dilanjut pelaksanaan tes pada 08.00-09.30. Verifikasi peserta sesi 2 pada 09.00-10.00 dan pelaksanaan tes pada 10.00-11.30 dan seterusnya.

“Pelamar dimohon selalu memantau laman cpns.kemdikbud.go.id untuk mengetahui perkembangan informasi terkait seleksi pengadaan CPNS di Lingkungan Kemendikbud,” seperti dikutip dari laman cpns.kemdikbud.go.id.

Kementerian yang kini dipimpin Muhadjir Effendy itu membuka lowongan CPNS untuk mengisi posisi di 8 unit kerja yakni Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Inspektorat Jenderal, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, serta Badan Penelitian dan Pengembangan.

Dari 61 lembaga yang membuka lowongan CPNS, Kemendikbud merupakan lembaga dengan jumlah pelamar terbanyak. Ada sekitar 162.225 peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut dalam tes CPNS Kemendikbud tahun ini. Tingginya jumlah tersebut mengalahkan jumlah pelamar di Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan yang masing-masing diminati oleh 77.706 dan 60.689 pelamar.[CNN]

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News