Tiga BUMN dan HRC Caritra Sulteng Bersinergi Bantu Pemulihan Pascagempa di Sigi

Penyerahan bantuan tiga BUMN yang dirangkaikan dengan perayaan Natal Bersama, di lapangan Desa Tanah Harapan, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Jumat (20/12/2019). [HRC Carita]
Bagikan Artikel Ini
  • 120
    Shares

Sigi, JurnalNews.id – Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni, Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Perumnas dan Peruri membantu percepatan pemulihan pascagempa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bantuan tiga BUMN yang dilaksanakan dengan bersinergi bersama HRC Caritra Sulteng itu, yakni membangun sarana prasarana, mulai dari renovasi rumah warga, pembangunan MCK, pembangunan sarana air bersih dan menyediakan instalasi listrik.

Baca Juga:

Penyerahan bantuan yang berlangsung Jumat (20/12/2019) itu juga dirangkaikan dengan perayaan Natal Bersama, di lapangan Desa Tanah Harapan, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

Turut hadir dalam acara yang bertajuk ”BUMN Berbagi Dengan Sesama” diantaranya, Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Muspida, tokoh masyarakat dan alim ulama serta masyarakat Palolo.

Direktur HRC Caritra Sulteng, Moh Riflan sebagai pelaksana mengatakan, bantuan yang disalurkan tersebut merupakan amanah dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara melalui surat No. BUMN No. S-195/MBU/04/2019 tanggal 1 April 2019 perihal Penetapan Program BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019 dan surat Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN No. S-728/MBU/D7/7/2019 tanggal 10 Juli 2019 perihal perubahan TOR (Term of Reference) BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2019.

“Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian Program BUMN Hadir Untuk Negeri sekaligus Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Sigi,” katanya.

Loading…

Menurut Riflan, selain pembangunan sarana dan prasarana, bantuan dan progran lainnya yang disalurkan pada puncak kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Sigi adalah pemberian santunan dan bingkisan kepada 500 anak yatim, bantuan kepada 2 Panti Asuhan serta 20 Gereja. Selain itu pembagian 1000 Alkitab, pemberian beasiswa kepada siswa SD, SMP dan SMA.

Deputi General Manager Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum (Persero) Daniel JP Hutahuruk mengemukakan, kegiatan itu bertujuan menanamkan rasa syukur dan semangat berbagi, menumbuhkan rasa toleransi antarumat beragama, serta mengajak para anak panti asuhan dan segenap masyarakat Kabupaten Sigi berbagi kegembiraan dalam momentum perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh wilayah tanah air dan dilakukan oleh seluruh perusahaan yang tergabung pada Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah hadir pada pascabencana untuk membantu pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sigi keluar dari permasalahan yang timbul akibat bencana.

“Tanpa ada bantuan dari lembaga dan pihak manapun maka pemerintah dari Kabupaten Sigi dengan anggaran APBD yang sangat terbatas, tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan pascabencana terjadi di Kabupaten Sigi,” kata Irwan Lapatta.

Irwan berharap berharap perayaan Natal tahun 2019 dapat berdampak terhadap peningkatan kualitas kerukunan antarumat beragama di Kabupaten Sigi.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dan terprovokasi oleh informasi yang dapat merusak keharmonisan kehidupan antarumat beragama yang telah terbangun di Sigi. [***]

Editor; Sutrisno

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA