Tiga Cara Mengatasi Ponsel Overheat

  • Whatsapp
[Ilustrasi]
Bagikan Artikel Ini
  • 13
    Shares

JurnalNews.id – Ponsel yang dipakai secara terus menerus tak jarang menyebabkannya cepat panas. Peningkatan suhu pada ponsel sering dirasakan melalui punggung ponsel, bahkan ketika itu mengenakan aksesori pelindung seperti case.

Hal ini tak jarang menimbulkan masalah bagi ponsel Anda sendiri. Misalnya, kerusakan pada komponen, kerusakan jangka panjang, hingga beberapa kasus ponsel bisa meledak atau terbakar.

Baca Juga

Kasus-kasus tersebut biasanya terjadi karena akar permasalahannya terjadi di baterai ponsel yang sudah aus karena sering kepanasan, atau istilahnya overheat.

Untuk mencegah itu, ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah ponsel terlalu panas. Apa saja? Simak daftarnya seperti dilansir dari MacWorld, Minggu (26/7/2020).

Advertisements

Melepas case ponsel dan diamkan
Aksesori pelindung seperti case tak jarang dapat menutup sirkulasi udara untuk membuang panas dari ponsel. Oleh sebab itu, jika Anda merasa ponsel terlalu panas, lepaskan case dan diamkan ponsel Anda sampai beberapa menit, agar suhunya kembali normal.

Advertisements

Hindari matahari langsung
Jika Anda berada di outdoor dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, sebaiknya letakkan ponsel Anda di tempat teduh seperti tas. Anda bisa kembali menggunakannya ketika berada di tempat yang lebih teduh. Matikan fitur yang membuat ponsel panas

Beberapa fitur yang digunakan terus menerus, tanpa disadari menyebabkan ponsel terlalu panas. Misalnya, Bluetooth dan GPS. Jadi, jika Anda tidak menggunakannya, sebaiknya dinonaktifkan saja.

Aktifkan mode pesawat atau matikan ponsel
Cara singkat untuk membuat ponsel kembali ke suhu normal adalah membiarkan ponsel mendingin dengan sendirinya. Anda bisa menggunakan mode pesawat atau mematikan ponsel, sehingga tidak tugas yang membuat ponsel bekerja dan membuatnya lebih panas.[***]

Advertisements

Sumber: iNews

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News