Tim Hukum Hadi-Reny Serahkan Bukti di Sidang Mahkamah Konstitusi

  • Whatsapp
Tim Hukum Hadi-Reny dari Kantor Law Firm Idham Chalid & rekan, Rusmin H. Hamzah, SH. MH dan Andi Iskandar, SH usai mengikuti sidang di Mahkamah Konstitusi, Senin 8 Februari 2021. | Foto: Istimewa
Bagikan Artikel Ini
  • 470
    Dibagikan

JurnalNews – Tim Hukum pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih, Hadianto Rasyid-Reny A Lamadjido menghadiri sidang sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

Agenda sidang yang berlangsung pada Senin 8 Februari 2021 ini yakni pembacaan, penyerahan dan pengesahan barang bukti dari kuasa hukum Hadi-Reny, sebagai pihak terkait dalam gugatan tersebut.

Lihat Juga

Tim Hukum dari Kantor Law Firm Idham Chalid & rekan yang hadir dalam persidangan kali ini diwakili Rusmin H. Hamzah, SH. MH dan Andi Iskandar, SH.

Rusmin Hamzah mengatakan, pengajuan bukti tersebut diserahkan sebagai pihak terkait dalam gugatan sengketa Pilkada Kota palu tahun 2020.

“Karena yang digugat adalah pihak penyelenggara yakni  KPUD Kota Palu, tapi kami mewakili paslon Hadi-Reni sebagai pemenang Pilkada menjadi pihak terkait dan harus turut menyerahkan bukti-bukti di persidangan,” jelas Rusmin Hamzah kepada JurnalNews melalui layanan WhatsApp, Senin 8 Februari 2021.

Menurut Rusmin, permohonan pemohon mengada-ada. “Permohonan pemohon, mengada-ada. Dalilnya juga tidak berdasarkan fakta,” ucapnya.

Kemudian lanjut Rusmin, selisih suara antara Pemohon dengan pihak terkait yang menjadi pemenang Pilkada sebesar 21,14 persen.

“Permohonan pemohon itu melebihi ketentuan pasal 158 UU No 10 tahun 2016,” sambungnya.

“Tapi nanti akan kita lihat di sidang selanjutnya yang akan dilaksanakan pada tangal 15-16 Februari 2021, dengan agenda pembacaan putusan, perkara ini bisa dilanjutkan atau tidak,” tutup Rusmin.

Seperti diketahui, KPU Palu telah menetapkan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu nomor urut 2, Hadianto Rasyid-Reny A Lamadjido sebagai pemenang dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Palu tahun 2020.

Hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU Palu nomor 402/PL.02.6-KPP/7272/KPU-kot/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilwakot Palu.

Paslon Hadianto Rasyid-Reny A Lamadjido yang diusung PKB dan Hanura meraup suara sebesar 64.249 suara. Disusul paslon usungan Golkar-Gerindra Imelda Liliana Muhidin-Arena J Parampasi meraih 37.260 suara.

Kemudian Paslon nomor urut 3, Hidayat-Habsa Yanti Ponulele dengan jumlah suara sebanyak 30.372 suara dan Paslon nomor urut 4 Aristan-Wahyudin sebesar 28.390 suara.

Paslon nomor urut 3 sebagai pemohon kemudian mengajukan gugatan ke MK melalui kuasa hukumnya, Riswanto Lasadin, S.H MH dkk.

Dalam gugatan ini, KPU Kota Palu sebagai penyelenggara Pilkada Tahun 2020, berstatus sebagai Termohon.***

Berita Terkait

Google News