Tim Hukum Hadi-Reny Siap Hadapi Gugatan di MK

  • Whatsapp
Rusmin H. Hamzah, SH.MH. | Foto: Istimewa
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Tim Hukum pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih, Hadianto Rasyid-Reny A Lamadjido siap menghadapi gugatan paslon nomor dua Paslon nomor urut 3, Hidayat-Habsa Yanti Ponulele di Mahkamah Konstitusi (MK).

Peraih suara terbanyak di Pilkada Kota Palu 2020 itu diwakili tim hukum dari Kantor Law Firm Dr. H.Idham Chalid, SH, MH & Rekan yang telah berada di Jakarta sejak Selasa 26 Januari 2021.

Baca Juga

“Untuk mewakili Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu terpilih Hadianto-Reny, kami sudah berada di Jakarta sejak Selasa kemarin,” ujar Rusmin Hamzah, salah satu tim Hukum dari Kantor Law Firm Dr. H.Idham Chalid, melalui layatan WhatsApp, Rabu 27 Januari 2021.

Dijadwalkan, sidang perdana gugatan Pilkada Kota Palu dalam perkara No : 94/PHP.KOT-XIX/2021 akan akan digelar di MK pada Kamis 28 Januari 2021 besok. Tim Hukum yang mewakili di persidangan diantaranya, Moh. Ansar, SH.MH, Rusmin H. Hamzah, SH.MH, Andi Iskandar, SH dan M. Fajrin, SH.

Menurut Rusmin, sebagai tim hukum pihaknya telah siap memberikan dalil-dalil untuk membela kliennya sebagai pemenang Pilkada Kota Palu 2020.

“Guna mempertahankan hak-hak klien kami dalam persidangan, kami akan menunjukkan dalil-dalil kebenaran bahwa keputusan KPUD Kota Palu memenangkan klien kami sebagai peraih suara terbanyak sudah benar,” jelas Rusmin.

“Kami sebagai tim hukum sudah melakukan telaah dengan cermat. Tidak ada pelanggaran dan tidak ada yang salah dalam pelaksanaan Pilkada Kota Palu, baik pelanggran oleh paslon maupun penyelenggara yakni KPU,” sambungnya.

Apalagi kata Rusmin, selama ini MK selalu konsisten menolak setiap gugatan Pilkada yang melebihi ambang batas selisih suara sesuai ketentuan UU Pilkada. Di mana selisih suara penggugat juga terpaut jauh dengan pemenang sebagai peraih suara terbanyak.

“Kami tegaskan, pelaksaaan Pilkada Kota Palu tidak ada persoalan dan dalil-dalil pemohon juga tak beralasan,” sebut Rusmin.

“Nanti lebih terangnya tim hukum akan menunjukan bukti-bukti tersebut saat di persidangan yang telah dijadwalkan MK,” tegasnya.

Seperti diketahui, KPU Palu telah menetapkan Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu nomor urut 2, Hadianto Rasyid-Reny A Lamadjido sebagai pemenang dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Palu tahun 2020.

Hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU Palu nomor 402/PL.02.6-KPP/7272/KPU-kot/XII/2020 tentang penetapan rekapitulasi hasil perhitungan suara Pilwakot Palu.

Paslon Hadianto Rasyid-Reny A Lamadjido yang diusung PKB dan Hanura meraup suara sebesar 64.249 suara. Disusul paslon usungan Golkar-Gerindra Imelda Liliana Muhidin-Arena J Parampasi meraih 37.260 suara.

Kemudian Paslon nomor urut 3, Hidayat-Habsa Yanti Ponulele dengan jumlah suara sebanyak 30.372 suara dan Paslon nomor urut 4 Aristan-Wahyudin sebesar 28.390 suara.

Paslon nomor urut 3 sebagai pemohon kemudian mengajukan gugatan ke MK melalui kuasa hukumnya, Riswanto Lasadin, S.H MH dkk.

Dalam gugatan ini, KPU Kota Palu sebagai penyelenggara Pilkada Tahun 2020, berstatus sebagai Termohon.***

Berita Terkait

Google News