Tips Aman Sebelum Suntik Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
Ilustrasi suntik vaksin Covid-19. | Foto: Pixabay
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Vaksin Covid-19 menjadi salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan virus Corona. Jadi Anda disarankan untuk tidak mengulur-ulur waktu penyuntikan vaksin karena dapat membahayakan diri sendiri serta orang di sekitarmu.

Kendati begitu, sebelum melaksanakan vaksinasi ada baiknya kamu mempersiapkan diri.

Baca Juga

Berikut lima tips aman sebelum disuntik vaksin yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu 25 Agustus 2021.

1. Hindari Konsumsi Alkohol
Pada dasarnya minuman keras mempunyai asupan yang dapat menyebabkan peradangan dan infeksi di dalam tubuh. Jika kita mengonsumsi minuman keras, maka pemberian vaksin terbilang hanya sia-sia.

2. Cukupi Kebutuhan Nutrisi
Pilihlah makanan yang terbaik agar nutrisi di dalam tubuh terusu dengan baik seperti sup sayuran berkaldu, pisang, melon,air kelapa, nasi merah dan kentang.

Hindari makan berat seperti keju, saus krim, gorengan, dan daging, serta makanan manis, termasuk permen dan makanan yang di panggang

Fokuslah pada makanan segar dan utuh. Sedangkan jika setelah di vaksin anda tidak merasa mual, melainkan kehilangan nafsu makan maka cobalah ngemil makanan kecil setiap beberapa jam. usahakan cemilan beragam agar tidak kehilangan nutrisi penting.

3. Tidur Cukup
Sedikit serat pada makanan (buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan) dan terlalu banyak lemak jenuh gula (daging berlemak, produk susu, permen) dapat lebih banyak gangguan tidur.

Istirahat yang cukup dapat membantu sistem kekebalan tubh anda bekerja secara maksimal. Sebagaimana studi yang di terbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine.

4. Olahraga
Olahraga perlu dilakukan sebelum mendapatkan vaksin, karena kebiasaan ini baik untuk membantu daya tahan tubuh tetap kuat dan rajin berolahraga juga baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Agar lebih sehat dan aman, lakukan olahraga setidaknya 20-30 menit setiap hari atau minimal 3-5 kali perminggu, namun anda tidak di sarankan untuk melakukan olahraga secara berlebihan hal ini justru bisa menyebabkan penurunan daya tahan tubuh.

5. Sampaikan Kondisi Kesehatan Anda
Cukup beritahu kepada tenaga kesehatan apa yang tubuh anda rasakan sebelum di vaksin. Misalnya dalam masa menyusui, hamil, sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, punya penyakit tidak menular, riwayat alergi atau demam. ***

Berita Terkait

Google News