TKBM Bahari Jaya Wani Siap Bergandengan dengan Polda Sulteng di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Ketua TKBM Bahari Jaya Pelabuhan Wani, Kabupaten Donggala, Sadman. [Ist]
Bagikan Artikel Ini
  • 93
    Shares

Palu, JurnalNews.id – Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Bahari Jaya Pelabuhan Wani, Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, siap mendukung dan bergandengan tangan dengan Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam masa Pandemi Covid-19. Dukungan tersebut disampaikan pada HUT Bhayangkara ke-74 Tanggal 1 Juli 2020.

“Walaupun Hari Bhayangkara sudah lewat tetapi itu menjadi momentum untuk saling mendukung dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupten Donggala di masa pandemi Covid-19,” ujar Ketua TKBM Bahari Jaya, Sadman di Palu, Minggu (12/7/2020).

Baca Juga

Menurut Sadman, terjaminnya Kamtibmas dan tegaknya hukum merupakan syarat mutlak yang tak bisa ditawar-tawar dalam membangun Kabupaten Donggala, Terlebih dalam manghadapi pandemi covid-19.

Dampak dari pandemi Covid-19 banyak bermunculan kejahatan di tengah-tengah masyarakat dan itu menjadi beban khusus bagi Kepolisian Polda Sulteng.

Advertisements

Ia mengatakan, saat pandemi covid-19 warga cukup resah, ribuan tenaga kerja dirumahkan, usaha banyak lumpuh dan Ini juga akan jadi pemicu tindak kriminalitas atau kejahatan, disamping itu kebutuhan hidup masyarakat akan menjadi potensi keresahan bagi masyarakat.

“Bila tidak disertai dengan kemampuan ekonomi, apalagi issu yang sangat keras juga diserukan oleh kalangan buruh terkait RUU Omnibus Law / RUU Cipta kerja yang dianggap merugikan hak-hak Buruh,” tambahnya.

Jika diuraikan kepanikan masyarakat dalam menghadapi Pandemi Covid-19 sambung Sadman, seperti mulai berjalannya roda pendidikan dan anak-anak masuk sekolah akan menambah beban bagi warga yang ekenominya belum pulih.

Begitu juga dalam memulai usaha yang membutuhkan penambahan modal yang sudah tergerus sejak pandemi Covid-19, Yang lebih berat lagi beban dan keresahan bagi pekerja yang di-PHK perusahaan, yang hingga saat ini belum juga mendapatkan pekerjaan pengganti.

Advertisements

“Menghadapi kondisi seperti ini Kepolisian Polda Sulteng harus lebih bijaksana dan harus melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk pengembangan potensi, Sehingga dapat mewujudkan kekuatan ekonomi, yang pada akhirnya akan mengurangi angka tindak Kriminalitas,” harapnya.

Diharapkan setelah hari Bhayangkara yang ke-74 ini institusi kepolisian lebih dewasa dan Profesional dalam mengemban tugasnya, tokoh agama, tokoh masyarakat harus dirangkul.

“Sehingga memunculkan rasa kebersamaan dan kebangsaan sehigga mampu mengatasi segala persoalan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Namun yang lebih penting lagi kata Sadman, kriminalitas seperti Narkoba dan kejahatan lainnya harus diberantas, karena hal ini akan mengganggu ketertiban masyarakat dan diharapkan ada flashback, khususnya dalam menjalankan amanah sebagai institusi penegak hukum.

Sehingga ke depan lewat institusi Kepolisian pembangunan Kabupaten Donggala ini akan berjalan dengan cepat untuk mengejar ketertinggalan dan bisa menyamai Kabupaten-Kabupaten lainnya yang lebih maju.

“Sesuai tema Hari Bhayangkara ke-74 ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif”, kami dari TKBM Pelabuhan Wani Kabupaten Donggala, siap bergandengan tangan dan menjadi garda terdepan bersama Polda Sulteng untuk mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat yang aman serta kondusif,” tutupnya. [***]

Advertisements

Penulis: Thio Jum

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News