Transfer Dana CSR dari Bendahara ke Rekanan Ditandatangani Plt Kadis Sosial

  • Whatsapp
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Proses transferan atau pemindahbukuan dana Corporate Social Responsibilty (CSR) Bank Sulteng Cabang Tolitoli tahap ke 2, pada 2 Desember 2020 sebesar Rp484.747.959, dari rekening bendahara kegiatan Dinas Sosial (Dinsos) kepada pihak rekanan Hi. Ibrahim di tandatangani Eks Plt Kepala Dinas Sosial Roedollof. S.STP.

“Transferan atau pemindahbukuan ke rekening rekanan dana CSR tahap dua, saya dengan pak Edo (Roedollof) yang tandatangani di Bank Sulteng, saat itu ada juga pak Hi. Rahim( Hi.Ibrahim),” kata Fatmawati saat dikonfirmasi di Kantor Dinsos Tolitoli, Kamis 9 September 2021.

Baca Juga

Fatmawati membeberkan bahwa pemindah bukuan tahap pertama ke rekening rekanan secara bertahap sebanyak dua kali yang pertama pada 5 Oktober 2020 sebesar Rp200 juta dan transferan ke dua pada 7 Oktober 2020 sebesar Rp332 juta lebih.

“Kalau itu saya yang tandatangan, atas perintah Kadis Sosial Indar Dg Sialasa, yang saat itu masih menjabat,” bebernya.

Pada saat Indar Dg Silasa Kadis Sosial, kata Fatmawati, pendistribusian sembako dilaksanakan di kantor Dinas Sosial, karena masyarakat penerima dari dua kecamatan yakni masyarakat dari kecamatan Baolan dan kecamatan Galang.

“Waktu tahap pertama, masyarakat yang langsung terima di Dinsos,” pungkasnya.

Sementara untuk distribusi sembako tahap kedua yang saat itu di jabat Plt. Kadis Sosial Roedollof, pihaknya sudah tidak mengetahui, karena tidak dilibatkan saat penyaluran ke masyarakat penerima.

“Saya sudah tidak tau pak, karena yang distribusi langsung ke penerima itu Hi. Rahim,” pungkasnya.

Ditanya media ini apakah ada bukti atau dokumentasi distribusi sembako ke masyarakat penerima, menurutnya kalau penyaluran tahap kedua pihaknya tidak mengetahui.

“Kalau penyaluran tahap ke dua saya tidak tau pak, karena tidak di libatkan, pihak rekanan yang langsung distribusi pak,” jawabnya.

Ia menjelaskan, saat di tunjuk jadi bendahara kegiatan, pihaknya menolak namun karena di perintah Kadis yang saat itu masih dijabat Indar Dg Silasa, dan menyampaikan tidak ada masalah karena dana yang dikelolah merupakan dana hibah, sehinggah pihaknya menerima SK bendahara dari Kadis.

“Saya hanya melaksanakan perintah Kadis dan Plt Kadis, itu pun dana yang sy pindah buku kan di rekening rekanan semuanya utuh,” jelasnya.

Di tanya kembali, apakah sudah pernah di undang di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulteng, menurutnya belum, namun pihaknya hanya di suruh siapkan kelengkan dokumen.

“Kalau Kejaksaan Negeri (Kejari) Tolitoli sudah dua kali di undang, kalau di Kejati Sulteng belum, hanya di suruh siapkan dokumen,” ujarnya.

Sementara mantan Plt. Kadis Sosial yang saat ini menjabat Kadis Transmigrasi Tolitoli, Roedollof. S.STP, saat di konfirmasi kamis 9 september di kantornya belum bisa di temui.

Menurut salah satu staf, bahwa Kadis ada hadiri rapat di kantor Bappeda Tolitoli, begitu pula saat di konfirmasi melalui handphon meskipun terdengar nada aktif juga belum memberikan keterangan. ***

Berita Terkait

Google News