Tujuh Langkah Penanganan Bila Anggota Keluarga Terpapar Covid-19

Ilustrasi.
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Penyebaran Covid-19 saat ini masih tergolong masif dan bisa menyerang siapa saja, bahkan keluarga tercinta. Ketika keluarga terinfeksi virus corona , tidak sedikit yang merasa khawatir dan bingung apa yang harus dilakukan.

Seperti dikutip dari akun Instagram resmi Kementerian Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, @kemenpppa, Rabu 14 Juli 2021, ada tujuh hal yang harus dilakukan saat keluarga tertular Covid-19.

Baca Juga

1. Buat Laporan
Laporkan anggota keluarga yang terpapar kepada ketua RT, RW, Satgas Penanganan Covid-19 setempat atau puskesmas agar dapat dilakukan tracing kepada kontak erat.

2. Karantina 14 Hari
Anggota keluarga yang melakukan kontak erat harus melakukan karantina 14 hari dan tidak wajib melakukan pemeriksaan swab PCR . Pada kontak erat dengan hasil negatif setelah pemeriksaan swab PCR, tetap wajib menyelesaikan karantina selama 14 hari.

Jika selama karantina muncul gejala seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan sesak nafas, maka segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Karantina mandiri dapat diakhiri jika sudah dinyatakan selesai oleh petugas kesehatan.

3. Tes Covid-19
Apabila terdapat anggota keluarga bergejala Covid-19 segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk pemeriksaan swab PCR. Orang tersebut harus melakukan isolasi sampai dinyatakan negatif Covid-19.

4. Isolasi Mandiri
Apabila terdapat anggota keluarga yang positif Covid-19, maka lakukan isolasi mandiri di rumah sampai dinyatakan selesai oleh petugas kesehatan.

5. Fasilitas Isolasi Sesuai Kebijakan
Fasilitas isolasi anggota keluarga yang tertular Covid-19 sesuai kebijakan pemerintah daerah. Jika memungkinkan, anggota keluarga yang terpapar tanpa gejala atau gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Bagi keluarga bergejala sedang atau berat dapat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sementara itu, anggota keluarga yang melakukan isolasi mandiri harus ditempatkan dalam ruangan sendiri.

6. Batasi Pergerakan
Pisahkan alat makan, alat mandi dan peralatan ibadah. Dilarang makan bersama anggota keluarga, gunakan masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, cuci perlengkapan pribadi dan bersihkan permukaan beda.

Batasi diri berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

7. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Tingkatkan daya tahan tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sediakan resep dan obat-obatan selama 2 minggu, makanan dan kebutuhan pokok lain. ***

Pos terkait

Google News