Tunggu Rp1 Juta Masuk Rekeningmu, Berikut Jadwal Pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan Tahap 3, 4 dan 5

  • Whatsapp
Laman BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: Tangkap Layar
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Kementerian ketenagakerjaan (Kemnaker) telah mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 1 dan 2 untuk pekerja setelah menerima data 1,2 juta calon penerima bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah mentargetkan total karyawan yang akan menerima Bantuan Subsidi Upah tahun 2021 sebanyak 8,78 juta karyawan yang memenuhi syarat dengan indeks BSU mencapai Rp1 juta per orang sekali cair.

Baca Juga

BSU BPJS Ketenagakerjaan atau BLT Subsidi Gaji ini akan disalurkan melalui 5 tahap, dengan rincian, Tahap 1 sudah cair ke 947 ribu karyawan, Tahap 2 direncanakan cair ke 1,2 juta karyawan, Tahap 3 dan 4 akan cair untuk 6,6 juta pekerja

Pada tahap 1 dan 2, sebanyak 2,1 juta pekerja yang merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah dapat BSU.

Sedangkan pada tahap 3, 1,5 juta pekerja diusulkan BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat BLT Subsidi Gaji 2021.

Artinya jika dijumlahkan penerima BLT Subsidi Gaji yang sudah dapat, ada 3,6 juta pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat BSU.

Dengan demikian, artinya tinggal 5,1 juta pekerja lagi yang bakal dapat BLT Subsidi Gaji. Pastikan namamu diusulkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

BLT Subsidi Gaji yang diterima pekerja di 2021 sendiri ditetapkan sebesar Rp1 juta per penerima, lebih kecil dibandingkan penerima BSU di 2020 yang mencapai Rp2,4 juta.

Syarat penerima BSU 2021 sendiri adalah WNI yang dibuktikan dengan NIK, terdaftar sebagai peserta yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021 dan memiliki upah paling besar Rp3,5 juta.

Pekerja yang menerima BSU juga harus bekerja di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan Level 4 dan diprioritaskan bagi mereka yang bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali pendidikan dan kesehatan.

Berikut cara cek daftar penerima via situs Kemnaker:

1. Kunjungi website kemnaker.go.id

2. Daftar Akun
Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.

3. Masuk
Login kedalam akun Anda.

4. Lengkapi Profil
Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.

5. Cek Pemberitahuan
Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Jika nama tak ada di daftar penerima itu, tak perlu khawatir. Nantinya data itu akan terus diperbaharui seiring dengan data yang disetor BPJS Ketenagakerjaan.

Berdasarkan keterangan Kemnaker, BLT Subsidi Gaji tahap 3 bakal disalurkan pada bulan ini hingga September 2021.

Pun untuk BSU tahap 4 dan 5 yang penerimanya diusulkan BPJS Ketenagakerjaan, rencananya akan disalurkan pada bulan September 2021. Namun tentu saja jadwal pencairannya bisa mundur.

Itulah informasi seputar pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan atau BLT Subsidi Gaji yang dikutip dari iNSulteng.com. ***

Berita Terkait

Google News