Tuntaskan Perekaman KTP-el, Dinas Dukcapil Tolitoli “Jemput Bola”

Kepala Dinas Dukcapil Tolitoli, Drs Ashar Ambo Masse.
Bagikan Artikel Ini

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) untuk masyarakat di Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) saat ini telah mencapai 97 persen. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) setempat mentargetkan perekaman akan tuntas 100 persen pada Mei 2019.

“Masih sekitar 3000 penduduk di Tolitoli yang belum melakukan perekaman dan belum mempunyai Kartu Keluarga (KK). Karena itu, Disdukcapil Minggu ini akan turun ke sejumlah desa,” kata Kepala Dinas Dukcapil Tolitoli, Drs Ashar Ambo Masse, di ruang kerjanya, Kamis (24/01/2019).

Baca Juga

Ia mengatakan, dalam pencapaian target yang masih tersisah tiga persen dari 97 persen itu, pihak Disdukcapil Tolitoli telah melaksanakan upaya diantaranya melakukan pencatatan kesejumlah SMA, SMK hingga ke Madrasah Aliyah. Mereka yang telah berumur 17 tahun yang wajib dilakukan pencatatan KTP elektronik.

“Yang sudah dikunjungi untuk perekaman belum lama ini semua sekolah yang ada di dalam kota Kecamatan Baolan menyusul kecamatan lain,” sebutnya.

Ashar menambahkan, upaya jemput bola ke sejumlah sekolah diyakini belum dapat maksimal untuk merealisasikan target tersebut. Sehingga langkah yang diupayakan Disdukcapil Tolitoli turun langsung ke masyarakat yang responnya masih minim dengan kepemilikan KTP dan KK.

Loading…

“Desa yang akan kita dikunjungi pekan ini adalah semua desa yang berbatasan dengan Kabupaten Buol, perekamannya dipusatkan di Desa Pinjan, Kecamatan Tolitoli Utara,” katanya.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tolitoli, Mustarim mengapresiasi upaya Dinas Dukcapil untuk mengejar target
target penduduk 100 persen memiliki KTP-el dan KK.

Menurutnya, jemput bola yang diinisiasi pihak instansi kependudukan tersebut untuk melakukan perekaman dan pencetakan KK ke sejumlah desa di kecamatan paling ujung Utara Tolitoli tersebut merupakan tindaklanjuti surat direktorat jendral kependudukan dan pencatatan sipil nomor: 471.13/2580, tentang percepatan penyelesaian perekaman KTP elektronik tahun 2019.

“Bukan hanya di Kabupaten Tolitoli, semua Disukcapil ditegaskan dapat mencapai target tersebut. Paling lambat Mei mendatang KTP elektronik tuntas 100 persen,” tandasnya.

Di Kabupaten Tolitoli katanya, wilayah yang masyarakatnya masih cenderung minim memiliki KTP elektronik dikarenakan jarak tempuh yang jauh datang ke kota umumnya adalah masyarakat yang tinggal di kecamatan tersebut. Olehnya itu, dirinya berinisiatif meminta Disdukcapil agar turun lapangan.

“Padahal Disdukcapil itu tidak memiliki anggaran untuk turun ke lapangan. namun dengan berbagai upaya bisa dilakukan agar bisa mencapai target 100 persen,” katanya. [***]

Penulis; Ramlan Rizal

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA