Ubi Jalar Bermanfaat untuk Kesehatan, Dari Cegah Diabetes Hingga Radang Sendi

Ilustrasi Ubi Jalar. | Pixabay
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Ubi jalar atau dalam bahasa latin disebut Ipomoea batatas L. mempunyai beberapa varietas seperti ungu, kuning dan putih. Ketiga warna pada ubi jalar menandakan tingginya kandungan antioksidan dan betakaroten.

Seperti dilansir dari laman thetealmango.com, Rabu 21 Desember 2021, sejumlah penelitan mengungkap ubi jalar bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk dikonsumsi. Berikut lima manfaat ubi bagi kesehatan.

Baca Juga

1. Mencegah Diabetes
Ubi jalar dianggap mengandung indeks glikemik rendah dan penelitian terbaru menunjukkan ubi jalar dapat mengurangi gula darah dan resistensi insulin pada penderita diabetes. Serat dalam ubi jalar membuat perbedaan besar juga.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat, telah meningkatkan gula darah, lipid dan kadar insulin. Satu ubi jalar sedang memberikan sekitar 6 gram serat.

2. Mengobati Radang Sendi
Ubi jalar sangat bermanfaat melawan peradangan. Mereka juga bisa melawan gejala radang sendi seperti nyeri, peradangan, pembengkakan, dan lain-lain. Kehadiran betakaroten dalam ubi menetralkan radikal bebas yang diproduksi di tempat peradangan.

3. Bisa Redakan Stres
Menurut banyak penelitian bahwa magnesium dalam ubi menjadi mineral penting yang membantu fungsi normal tubuh Anda. Magnesium juga melindungi otak Anda dari depresi dan kecemasan.

4. Mengurangi Tekanan Darah
Mempertahankan asupan natrium yang rendah penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya. Asupan kalium tinggi dikaitkan dengan 20 persen penurunan risiko kematian akibat tekanan darah tinggi.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan penglihatan. Dari berbagai catatan, vitamin C dan E dalam ubi jalar telah terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif. ***

Pos terkait

Google News