Vinales Juara, Yamaha Akhiri Paceklik 9 Tahun di Sirkuit Sepang

Maverick Vinales keluar sebagai juara MotoGP Malaysia 2019 di Sikuit Sepang, Minggu (3/11/2019) sore. [AFP Photo]
Bagikan Artikel Ini
  • 27
    Shares

Sepang, JurnalNews.id – Pembalap MotoGP Monster Energy Yamaha Maverick Vinales berhasil menapaki podium teratas Grand Prix (GP) Malaysia 2019 di Sikuit Sepang, Minggu (3/11/2019) sore.

Mengawali balapan dari posisi kedua, pria Spanyol itu berhasil menyentuh garis finis lebih dulu setelah mengaspal 20 lap. Laman MotoGP mencatat, Itu merupakan kemenangan kedua musim ini setelah GP Belanda.

Baca Juga

Sedangkan bagi Yamaha, hasil positif itu seakan mengobati kerinduan. Sebab bagi pabrikan itu kemenangan tersebut merupakan yang pertama di Sirkuit Sepang sejak terakhir pada 2009.

Di tempat kedua ada sang juara dunia Marc Marquez (Repsol Honda). Dia berhasil tampil beringas pada race tersebut. Bagaimana tidak, The Baby Alien finis kedua meski start dari posisi ke-11 lantaran pada sesi kualifikasi terjatuh.

Sementara di peringkat ketiga ada Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati). Bagi Dovizioso, itu merupakan ke-101 kalinya merasakan naik podium sepanjang karier di semua kelas.

Jalannya Balapan
Balapan MotoGP Malaysia berlangsung sengit sejak lap pertama. Pebalap Pramac Ducati, Jack Miller, yang memulai lomba dari posisi keempat di luar dugaan bisa berada di posisi paling depan.

Namun, posisi itu tidak lama ditempati Miller karena Vinales bisa menyalip pebalap asal Australia itu untuk memimpin balapan.

Berada di posisi terdepan membuat Vinales leluasa untuk mencatatkan waktu tercepat. Pebalap asal Spanyol itu pun bisa menciptakan jarak dengan Miller, Marquez, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi.

Loading…

Bahkan, pebalap berusia 24 itu bisa melebarkan jarak hingga lebih dari satu detik dari Marquez yang akhirnya menempati posisi kedua meski memulai harus memulai balapan dari posisi ke-11. Situasi itu membuat Vinales praktis tidak mengalami gangguan hampir sepanjang balapan hingga akhirnya finis pertama.

Di sisi lain, persaingan untuk memperebutkan podium terakhir makin sengit antara Dovizioso dan Rossi. The Doctor sempat menyalip Dovi tetapi pebalap Ducati itu bisa kembali menggeser posisi Rossi, delapan lap jelang balapan usai.

Hasil MotoGP Malaysia: Vinales Ungguli Marquez, Rossi Keempat
Rossi kembali berupaya melewati Dovizioso saat balapan tersisa tiga lap. Upaya itu hampir saja membuahkan hasil andai motor yang ditunggangi pebalap asal Italia itu tidak melebar setelah berhasil melewati Dovizioso.

Upaya terakhir Rossi untuk melewati Dovizioso yang dilakukan di lap terakhir juga tidak berbuah positif. Ia pun harus puas finis di posisi keempat atau berada di belakang Dovizioso yang menempati podium terakhir.

Sementara itu, pebalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo yang memulai lomba dari posisi pertama menjalani balapan yang mengecewakan. Pebalap asal Prancis itu hanya bisa finis ketujuh di MotoGP Malaysia.

Hasil MotoGP Malaysia 2019, Minggu (3/11)
1. Maverick Vinales 40 menit 14,632 detik
2. Marc Marquez +3,059 detik
3. Andrea Dovizioso +5,611 detik
4. Valentino Rossi +5,965 detik
5. Alex Rins +6,350 detik
6. Franco Morbidelli +9,993 detik
7. Fabio Quartararo +12,864 detik
8. Jack Miller +17,252 detik
9. Danilo Petrucci +19,773 detik
10. Joan Mir +22,854 detik

Sumber; iNews / CNNIndonesia

loading...

Berita Terkait

REKOMENDASI UNTUK ANDA