Wagub Apresiasi Program Pemberdayaan RMP Melalui Tanaman Jagung

  • Whatsapp
Wagub H Ma'mun Amir dan Bupati Banggai H Amirudin melakukan penanaman perdana tanaman jagung secara simbolis yang digelar RMP di Desa Padang, Kecamatan Kintom, Selasa, 5 Oktober 2021. | Foto: Istimewa
Bagikan Artikel Ini

JurnalNews – Setelah Kabupaten Parigi Moutong, penanaman perdana tanaman jagung Koperasi RMP Indonesia Mandiri kini berlanjut di Kabupaten Banggai, pada Selasa, 5 Oktober 2021.

Penanaman jagung perdana secara simbolis dilakukan Wakil Gubernur Sulteng H Ma’mun Amir bersama Bupati Banggai H Amirudin di Desa Padang, Kecamatan Kintom.

Baca Juga

Penanaman jagung ini sebagai tindak lanjut kerja sama Pemprov Sulteng dengan PT BRI (Persero) Tbk tantang pemberdayaan masyarakat melalui fasilitas pinjaman UMKM di Provinsi Sulawesi Tengah. Sementara Koperasi RMP Indonesia Mandiri menjadi pelaksana program kerja sama tersebut.

Wagub H Ma’mun Amir mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak BRI, RMP, serta Jasindo yang terlibat dalam program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui tanaman jagung.

Wagub mengatakan, bahwa MoU Gubernur Sulteng dan BRI adalah untuk pemberian kredit UMKM sebesar Rp5 triliun dengan skema bunga rendah dan tanpa agunan, dengan pinjaman di bawah Rp100 juta. Untuk itu agar MOU dapat berjalan dengan baik kepada seluruh UMKM yang membutuhkan.

Selanjutnya Wakil Gubernur menyampaikan bahwa program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur dalam mempercepat peningkatan infrastruktur daerah dan pemberdayaan masyarakat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran.

“Karena itu program Rp100 miliar/kabupaten dan kota wajib harus dilaksanakan untuk mempercepat terwujudnya peningkatan insfrastruktur daerah,” kata Wagub.

Dia menambahkan, tahun 2022 jalan wilayah Kepala Burung, Kabupaten Banggai akan diperbaiki. Demikian juga untuk Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, dimana jalan-jalan yang menjadi kewenangan provinsi tahun 2022 harus selesai.

“Demikian juga juga untuk pembangunan jembatan penghubung Bangkep dan Balut, desain engginernya sudah selesai,” kata Wagub.

Sementara itu, Bupati Banggai, H Amirudin Tomerake juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur, BRI, RMP, serta Jasindo atas program pemberdayaan di wilayahnya.

“Kami mengharapkan untuk memperluas areal tanam menjadi 100 ha di wilayah Kabupaten Banggai, karena Kabupaten Banggai sangat cocok tanaman jagung,” kata Bupati Banggai.

Sebelumnya, Ketua Koperasi RMP Indonesia Mandiri, Mahfud Masuara mengatakan, penanaman jagung perdana ini sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, serta untuk mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Mahfud mengatakan, RMP saat ini sudah hadir di 12 kabupaten dan 1 kota di Sulteng, dengan jumlah anggota 4.742 orang.

Program yang dilakukan RMP adalah membentuk usaha pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui Koperasi RMP dengan toko sembako murah.***

Berita Terkait

Google News