Wakil Ketua DPR Apresiasi SMSI Sebagai Konstituen Dewan Pers

  • Whatsapp
Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin saat menerima audiens dengan Ketua Umum SMSI Firdaus, didampingi perwakilan pengurus SMSI di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/6/2020). [Humas SMSI]
Bagikan Artikel Ini
  • 68
    Shares

Jakarta, JurnalNews.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Aziz Syamsuddin menyambut baik dan mengapresiasi kehadiran Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai konstituen Dewa Pers.

Apresiasi tersebut disampaikannya saat audiens dengan Ketua Umum SMSI Firdaus, didampingi perwakilan pengurus, H. M Nasir, M. Yasin, Junaidi, Andre Sumanegara dan Teguh Idham Akbar, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Baca Juga

Menurut Azis, SMSI merupakan wadah perkumpulan media siber yang bisa menjadi derijen untuk menyamakan tone dari perspektif atau sudut pandang yang berbeda-beda dari para anggotannya.

Selain itu, ia pun berharap agar SMSI yang saat ini telah menjadi konstituen dewan pers, bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) khusunya bagi para insan pers di Indonesia.

“Saya berharap SMSI memberikan sumbangsih, pola kecerdasan kualitas sumber daya manusia, khususnya insan jurnalistik di Indonesia,” harap Azis.

Advertisements

Pada pertemuan itu, Aziz Syamsuddin juga menyambut baik rencana pembuatan Newsroom (ruang berita) yang digagas SMSI.

Menurut Ketua Umum SMSI Firdaus, Newsroom yang dibangun ini diharapkan menjadi sentral produk berita online, baik naskah dan video, dari para anggotanya di berbagai daerah di Indonesia.

Di ruang berita tersebut, para editor akan bekerja bersama mengolah ribuan produk berita yang diterima dari seluruh media online di Indonesia yang menjadi anggota SMSI

Sehingga mutu produk berita yang baik dari berbagai daerah tadi bisa dimanfaatkan juga oleh anggota SMSI untuk dipublikasikan ke masyarakat luas.

Selain menyiapkan Newsroom, SMSI juga telah mempersiapkan beberapa kanal-kanal siber berita dan SeMSItv yang akan diluncurkan.

SMSI Optimis
Firdaus menjelaskan, 1000 perusahaan online yang menjadi anggota SMSI akan disatukan dalam newsroom bersama. Mereka saling memanfaatkan berita-berita yang ada dalam newsroom. Tetapi mereka juga punya kewajiban untuk mengirim berita ke newsroom bersama.

Ini kepentingan yang menguntungkan buat perusahaan-perusahaan media yang bergabung dengan newsroom bersama. Jadi yang disatukan bukan sudut pandangnya, bukan perspektifnya. Pasti sulit. “Memang diharapkan setiap perusahaan media dan wartawannya mempunyai perspektif dan tone yang baik dalam pemberitaan, kalaupun memberi kritik, tentu kritik yang membangun, kritik yang mengingatkan,” kata Firdaus. [***]

Editor: Sutrisno/*

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News