Wapres: Pesantren Gontor Poso untuk Kemajuan Bangsa

Bagikan Artikel Ini

Poso, Jurnalsulawesi.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap Pondok Modern Darussalam Gontor di Desa Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dapat membawa ajaran Islam wasathiyah atau Islam moderat untuk kemajuan Indonesia.

“Pondok ini didirikan setelah terjadi konflik yang besar di daerah Poso ini, dengan niat agar ada pesantren di Poso yang mempunyai visi seimbang antara pendidikan agama dan pandangan Islam yang menengah, yang wasathiyah dan modern,” kata Wapres Jusuf Kalla saat menghadiri Peresmian Gedung Auditorium dan Penutupan Acara Peringatan 10 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 13 Ittihadul Ummah di Tokorondo, Poso, Rabu (25/7/2018) sore.

Baca Juga

Wapres mengatakan dengan ajaran Islam moderat dan modern, pondok pesantren dapat memberikan makna yang besar untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Kita harapkan generasi muda dapat lebih memahami Islam itu sebagai rahmatan lil alamin, supaya memahami Islam itu adalah Islam yang saling bersaudara, saling bersahabat dan kita memberikan makna yang besar untuk kemajuan kita bersama,” jelasnya.

Setelah 10 tahun Pondok Modern Gontor hadir di Poso, Wapres berharap pesantren yang berpusat di Ponorogo, Jawa Timur tersebut dapat bekerja sama dengan pesantren lain yang lebih dulu hadir di Poso.

“Keberadaan Pondok Pesantren Gontor di Poso ini tentu dapat membantu memperbaiki atau melengkapi suasana bersama dengan pesantren-pesantren yang ada sebelumnya, yang telah mengabdi kepada rakyat dan masyarakatnya,” kata Wapres JK.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan rombongan melakukan kunjungan kerja di Poso selama sekitar sembilan jam. Rombongan mendarat dengan pesawat khusus langsung dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma di Bandara Kasiguncu Poso pukul 09.50 Wita dan kembali lepas landas pukul 18.30 Wita untuk kembali ke Jakarta dengan didampingi Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi.

Selama di Poso, Wapres menghadiri dan memberikan sambutan pada Konven Pendeta GKST di Tentena, kota wisata di tepian Danau Poso, lalu meletakkan batu pertama pembangunan RS GKST di Tentena dan meresmikan masjid Baitullah Tentena.

Dalam perjalanan dari Tentena ke Poso, Wapres singgah di PLTA Sulewana yang dibangun PT. Poso Energy (Kalla Group), lalu mengunjungi Poso City Mall dan Hotel Ancyra yang terletak dalam satu kawasan lalu menandatangani prasasti peresmian kedua fasilitas ekonomi terbesar di Poso, selanjutkan meresmikan auditorium Pondok Modern Darussalam Gontor. [***]

 

Sumber; Antara

Iklan
loading...

Berita Terkait

Google News